Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik siswa: Studi pada siswa kelas xI MA Ar Rosyidiyah Kota Bandung

Thuhfatul Jannah, Adelia (2025) Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik siswa: Studi pada siswa kelas xI MA Ar Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda tugas yang sering terjadi di kalangan siswa, ditandai dengan kecenderungan menunda penyelesaian tugas hingga batas waktu yang mendesak. Kondisi ini berdampak pada rendahnya hasil belajar, meningkatnya tekanan psikologis, dan berkurangnya motivasi akademik. Salah satu penyebab utamanya adalah lemahnya kemampuan siswa dalam mengelola waktu dan dirinya sendiri. Untuk mengatasi hal ini, layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dipandang sebagai pendekatan yang efektif dalam membantu siswa mengurangi kebiasaan menunda tugas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI MA Ar Rosyidiyah Kota Bandung. Pendekatan ini dilakukan melalui kegiatan bimbingan kelompok yang melibatkan perencanaan belajar, penyusunan prioritas tugas, serta evaluasi dan refleksi bersama yang dilakukan secara terstruktur. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi guru BK dalam mengatasi masalah akademik siswa melalui pendekatan konseling yang lebih terarah. Penelitian didasarkan pada teori self management dari Prijosaksono (2002) yang mencakup tiga indikator utama, yaitu pengelolaan waktu, hubungan antar manusia, dan perspektif diri. Sementara itu, teori prokrastinasi akademik merujuk pada Ferrari (2010), yang menjelaskan prokrastinasi sebagai kecenderungan menunda pekerjaan dengan indikator seperti penundaan memulai dan menyelesaikan tugas, kelambanan, kesenjangan antara rencana dan tindakan, serta kecenderungan melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Kedua teori ini menjadi dasar dalam menyusun instrumen penelitian dan mengarahkan analisis hubungan antar variabel secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self management memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Hal ini dibuktikan melalui uji regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dan koefisien determinasi sebesar 0,474 mengindikasikan bahwa 47,4% perubahan perilaku prokrastinasi akademik dapat dijelaskan oleh kemampuan self management siswa. Dengan demikian, layanan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa mengelola waktu, memperkuat tanggung jawab akademik, dan menurunkan kecenderungan prokrastinasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Self Management; Prokrastinasi Akademik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: adelia thuhfatul
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:51
Last Modified: 17 Jul 2025 02:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112634

Actions (login required)

View Item View Item