Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation berbantu Flashcard untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian kuasi eksperimen siswa kelas VIII MTs Al-Misbah Kota Bandung

Insani, Nabila Rachmi (2025) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation berbantu Flashcard untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian kuasi eksperimen siswa kelas VIII MTs Al-Misbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Guru mata pelajaran fikih di MTs Al-Misbah kota Bandung telah menerapkan metode discovery learning secara optimal dengan bantuan media interaktif. Namun, hasil observasi menunjukkan bahwa minat belajar siswa masih rendah, ditandai dengan kurangnya perhatian, partisipasi dalam diskusi, dan keterlibatan selama pembelajaran. Kondisi ini menunjukkan bahwa pendekatan yang digunakan belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan minat belajar. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sebagai alternatif yang sebanding untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Penerapan metode kooperatif Group Investigation berbantu flashcard pada mata pelajaran fikih. 2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation berbantu flashcard. 3) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif Group Investigation berbantu flashcard terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini berlandaskan teori konstruktivisme yang menyatakan bahwa pembelajaran adalah proses aktif membangun pengetahuan melalui interaksi sosial. Metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu flashcard diterapkan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan memfasilitasi diskusi dan kerja kelompok secara interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (Paired Sample t-Test dan Independent Sample t-Test), serta uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Group Investigation berbantu flashcard mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran fikih, dengan hasil observasi sebesar 92% berada pada kategori sangat baik. 2) Minat belajar siswa di kelas eksperimen meningkat dari 68,50 menjadi 85,60, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan discovery learning naik dari 68,63 menjadi 80,67. Pada uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menandakan adanya pengaruh signifikan setelah perlakuan. 3) Pengaruh metode Group Investigation berbantu flashcard menunjukkan signifikansi dan efektivitas yang lebih tinggi dalam meningkatkan minat belajar fikih dibandingkan discovery learning, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji Independent Sample t-Test dengan signifikansi 0,000 < 0,05, serta didukung oleh persentase N-Gain kelas eksperimen sebesar 51,29% (kategori sedang) lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang hanya sebesar 37,76% (kategori rendah).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Group Investigation; Flashcard; Minat Belajar; Fikih; Kuasi Eksperimen
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabila Rachmi Insani
Date Deposited: 17 Jul 2025 01:31
Last Modified: 17 Jul 2025 01:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112644

Actions (login required)

View Item View Item