Insani, Nabila Rachmi (2025) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation berbantu Flashcard untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih: Penelitian kuasi eksperimen siswa kelas VIII MTs Al-Misbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (395kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Guru mata pelajaran fikih di MTs Al-Misbah kota Bandung telah menerapkan metode discovery learning secara optimal dengan bantuan media interaktif. Namun, hasil observasi menunjukkan bahwa minat belajar siswa masih rendah, ditandai dengan kurangnya perhatian, partisipasi dalam diskusi, dan keterlibatan selama pembelajaran. Kondisi ini menunjukkan bahwa pendekatan yang digunakan belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan minat belajar. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sebagai alternatif yang sebanding untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Penerapan metode kooperatif Group Investigation berbantu flashcard pada mata pelajaran fikih. 2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation berbantu flashcard. 3) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif Group Investigation berbantu flashcard terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini berlandaskan teori konstruktivisme yang menyatakan bahwa pembelajaran adalah proses aktif membangun pengetahuan melalui interaksi sosial. Metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu flashcard diterapkan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan memfasilitasi diskusi dan kerja kelompok secara interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (Paired Sample t-Test dan Independent Sample t-Test), serta uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Group Investigation berbantu flashcard mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran fikih, dengan hasil observasi sebesar 92% berada pada kategori sangat baik. 2) Minat belajar siswa di kelas eksperimen meningkat dari 68,50 menjadi 85,60, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan discovery learning naik dari 68,63 menjadi 80,67. Pada uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menandakan adanya pengaruh signifikan setelah perlakuan. 3) Pengaruh metode Group Investigation berbantu flashcard menunjukkan signifikansi dan efektivitas yang lebih tinggi dalam meningkatkan minat belajar fikih dibandingkan discovery learning, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji Independent Sample t-Test dengan signifikansi 0,000 < 0,05, serta didukung oleh persentase N-Gain kelas eksperimen sebesar 51,29% (kategori sedang) lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang hanya sebesar 37,76% (kategori rendah).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Group Investigation; Flashcard; Minat Belajar; Fikih; Kuasi Eksperimen |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nabila Rachmi Insani |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 01:31 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 01:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |