Teknik relaksasi afirmatif dengan terapi CBT dalam menurunkan Academic Burnout mahasantri : Penelitian di Pondok Pesantren Al Musyahadah Rumah Cerdas Indonesia jalan manisi no 38A RT 01 RW 09 Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Tsuroya, Yasmin (2025) Teknik relaksasi afirmatif dengan terapi CBT dalam menurunkan Academic Burnout mahasantri : Penelitian di Pondok Pesantren Al Musyahadah Rumah Cerdas Indonesia jalan manisi no 38A RT 01 RW 09 Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Text (SK BEBAS PLAGIARISME) .pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Text (DAFTAR ISI).pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Text (LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Academic burnout merupakan isu krusial yang secara signifikan memengaruhi mahasantri, menimbulkan konsekuensi negatif pada kinerja akademik dan kesejahteraan psikologis mereka. Kondisi ini diperparah oleh tuntutan ganda sebagai mahasiswa dan santri, menciptakan tekanan unik yang rentan memicu kelelahan ekstrem. Gejala yang teridentifikasi mencakup kelelahan fisik, emosional, dan mental yang parah, sering kali mengganggu aktivitas dasar dan memicu sikap apatis terhadap proses belajar. Tujuan penelitian ini secara komprehensif untuk mengeksplorasi proses dan efektivitas intervensi yang memadukan teknik relaksasi afirmatif dengan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dalam upaya menurunkan tingkat academic burnout. Perpaduan ini dipilih karena kemampuannya yang unik untuk menggabungkan ketenangan fisiologis dengan penguatan kognitif positif, menawarkan pendekatan holistik yang menyasar akar masalah burnout. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif, mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan mahasantri, dewan santri, dan pembimbing, serta analisis dokumen. Pendekatan ini memungkinkan pemahaman mendalam tentang dampak intervensi pada kondisi mental dan emosional. Secara teoretis, penelitian ini berlandaskan pada teori kognitif dan perilaku, khususnya dalam kerangka Cognitive Behaviour Therapy (CBT). CBT berfokus pada pengenalan, identifikasi, dan modifikasi pola pikir serta perilaku negatif yang menjadi pemicu utama burnout. Argumentasi inti dari pendekatan ini adalah bahwa perubahan kognitif dan perilaku yang terarah dapat menghasilkan perubahan emosional dan fisik yang positif dan berkelanjutan. Relaksasi afirmatif diintegrasikan sebagai komponen kunci untuk secara aktif mengurangi respons stres fisiologis dan psikologis, menciptakan kondisi optimal bagi restrukturisasi kognitif. Berdasarkan hasil penelitian, relaksasi afirmatif dengan CBT efektif atasi burnout academic yakni mengurangi kecemasan, meningkatkan semangat belajar, memperbaiki pengelolaan waktu, dan meningkatkan kualitas hubungan sosial. Meskipun terdapat tantangan konsistensi dan antusiasme beragam, dampak positif signifikan dirasakan oleh mahasantri yang mampu menginternalisasi teknik ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Academic Burnout; Relaksasi Afirmatif; Terapi CBT; Mahasantri
Subjects: Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yasmin Tsuroya
Date Deposited: 17 Jul 2025 07:06
Last Modified: 17 Jul 2025 07:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112775

Actions (login required)

View Item View Item