Qodariyah, Nurul (2025) Penerapan model pembelajaran ICARE untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas Ⅳ MI Cibanteng Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (6MB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang ditemukan dalam hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas Ⅳ MI Cibanteng Kabupaten Bandung Barat, yang menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), karena belum adanya model pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Permasalahan ini disebabkan oleh MI Cibanteng Kabupaten Bandung Barat yang masih berdaptasi dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka. Selain itu, guru-guru yang mengajar di MI Cibanteng Kabupaten Bandung Barat banyak yang akan memasuki masa purnabakti, sehingga guru-guru mengalami kesulitan untuk menerapkan ragam model pembelajaran saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar kognitif siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran ICARE, (2) proses penerapan model pembelajaran ICARE pada setiap siklus, (3) hasil belajar kognitif siswa pada akhir siklus setelah diterapkannya model pembelajaran ICARE. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menghitung nilai rata-rata, ketuntasan belajar individu, ketuntasan belajar klasikal, serta analisis hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan model ICARE pada setiap siklusnya. Dari penelitian yang dilakukan, hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus sebelum penerapan model pembelajaran ICARE pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial memperoleh nilai rata-rata 62,3 dengan ketuntasan klasikal siswa sebesar 56%. Setelah penerapan model pembelajaran ICARE nilai rata-rata meningkat menjadi 66,1 dengan ketuntasan klasikal siswa sebesar 64% pada siklus Ⅰ. Dan akhirnya mencapai nilai rata-rata sebesar 74,7 dan ketuntasan klasikal siswa sebesar 78% pada siklus Ⅱ. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ICARE dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas Ⅳ MI Cibanteng Kabupaten Bandung Barat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran ICARE; Ilmu Pengetahuan Sosial; Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Education, Research Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurul Qodariyah |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:51 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |