Hubungan keterlibatan ayah dalam keluarga dengan resiliensi akademik siswa sekolah dasar: Penelitian korelasional di SDN Tirtayasa Kabupaten Bandung

Khaerah, Tadzkiratul (2025) Hubungan keterlibatan ayah dalam keluarga dengan resiliensi akademik siswa sekolah dasar: Penelitian korelasional di SDN Tirtayasa Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
3_keteranganbebasplagiarisme.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran ayah dalam perkembangan anak, khususnya dalam membentuk resiliensi akademik, yang selama ini kurang mendapat perhatian dibandingkan peran ibu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterlibatan ayah dalam keluarga siswa di SDN Tirtayasa Kabupaten Bandung, resiliensi akademik siswa di SDN Tirtayasa Kabupaten Bandung serta hubungan yang signifikan antara tingkat keterlibatan ayah dalam keluarga dengan resiliensi akademik siswa SDN Tirtayasa Kabupaten Bandung. Keterlibatan ayah dalam keluarga diukur menggunakan Inventory of Father Involvement (IFI) yang dikembangkan oleh Hawkins (2002), yang mencakup sembilan indikator. Sementara itu, resiliensi akademik siswa sekolah dasar diukur menggunakan The Academic Resilience Scale yang dikembangkan oleh Cassidy (2016), yang juga terdiri atas sembilan indikator. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 22 siswa kelas IV, 18 siswa kelas V, dan 22 siswa kelas VI, yang dipilih menggunakan teknik stratified proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian analisis data menggunakan uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,402. Perhitungan tersebut dapat digambarkan rho hitung (0,402) > rho tabel (0,255) artinya H1 diterima dan H0 ditolak. H0 ditolak dan H1 diterima karena rho hitung lebih besar dari rho tabel. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlibatan ayah dengan resiliensi akademik dengan kategori cukup kuat. Sehingga semakin tinggi keterlibatan ayah dalam kehidupan anak, maka semakin tinggi pula resiliensi akademik yang dimiliki anak. Hasil wawancara juga menguatkan bahwa siswa yang merasakan keterlibatan emosional dan motivasi dari ayah cenderung memiliki ketahanan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan ayah; resiliensi; resiliensi akademik; siswa sekolah dasar
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Education
Education > Psychology of Education
Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tadzkiratul Khaerah
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:42
Last Modified: 18 Jul 2025 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112831

Actions (login required)

View Item View Item