Pengembangan Chat Bot Telegram sebagai media pembelajaran pada konsep sistem sirkulasi

Muhtar, Evira Deana (2025) Pengembangan Chat Bot Telegram sebagai media pembelajaran pada konsep sistem sirkulasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_SKBEBASPLAGIARISM.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTARISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Era revolusi industri 4.0. semakin terasa dampaknya di dunia. Media menjadi salah satu solusi alternatif yang dapat digunakan untuk berinovasi dalam pembelajaran di era ini. Penelitian ini mengembangkan chat bot telegram dalam materi sistem sirkulasi. Metode penelitian menggunakan model R & D yaitu 4D yang telah dimodifikasi dan dibatasi hingga tiga tahapan yakni: 1) Pendefinisian; 2) Perancangan; dan 3) Pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi, angket respon siswa, angket keterbacaan media dan tes hasil belajar dengan posttest-pretest. Hasil penelitian menunjukkan chat bot telegram tergolong valid dengan presentase tingkat keterbacaan mencapai 84% serta berada dalam kategori sangat baik. Selain itu dari respon siswa presentasenya mencapai nilai sebesar 85% mayoritas memberi tanggapan positif terhadap bot pembelajaran. Hasil peningkatan pengetahuan siswa dari tingkat kognitif C1-C6 menunjukkan N Gain sebesar 0.39 dan berada dalam terkategori sedang. Oleh karena itu bot telegram materi sistem sirkulasi dapat digunakan sebagai pilihan media pembelajaran untuk siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; chat bot telegram; sistem sirkulasi; R&D; hasil belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Evira Deana Muhtar
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:59
Last Modified: 23 Jul 2025 03:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112988

Actions (login required)

View Item View Item