Marliyanti, Fitriana (2025) Evaluasi layanan teknologi digitalisasi administrasi kependudukan Cimahi Kota (Dilanda Cita) pada Disdukcapil Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (486kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem pelayanan publik daring sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses layanan dan harus dimanfaatkan secara bijak demi mencapai tujuan pemerintah akan efektivitas dan efisiensi, serta peningkatan kualitas layanan publik. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring. Namun, pada kenyataannya pelaksanaan pelayanan daring ini masih menghadapi hambatan dan belum sepenuhnya optimal. Pelayanan ini bertujuan untuk mengevaluasi Layanan Teknologi Digitalisasi Administrasi Kependudukan Cimahi Kota (DILANDA CITA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi. Evaluasi ini menggunakan kerangka teori Willian N. Dunn (2003:610), yang mencakup indikator efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan teori evaluasi, bahwa layanan daring pada DILANDA CITA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi sudah efektif secara konseptual dan teknis operasional, namun belum mencapai efektivitas optimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Kesenjangan digital, kurangnya sosialisasi yang merata, hingga kerumitan persyaratan menjadi penghambat utama yang menyebabkan pelayanan belum optimal sepenuhnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi; Program; Pelayanan Publik; DILANDA CITA |
Subjects: | Inventions and Patents > Geographic Treatment of Inventions and Patents Office Services > Computer Application for Office Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Fitriana Marliyanti |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:00 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |