Evaluasi layanan teknologi digitalisasi administrasi kependudukan Cimahi Kota (Dilanda Cita) pada Disdukcapil Kota Cimahi

Marliyanti, Fitriana (2025) Evaluasi layanan teknologi digitalisasi administrasi kependudukan Cimahi Kota (Dilanda Cita) pada Disdukcapil Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pelayanan publik daring sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses layanan dan harus dimanfaatkan secara bijak demi mencapai tujuan pemerintah akan efektivitas dan efisiensi, serta peningkatan kualitas layanan publik. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring. Namun, pada kenyataannya pelaksanaan pelayanan daring ini masih menghadapi hambatan dan belum sepenuhnya optimal. Pelayanan ini bertujuan untuk mengevaluasi Layanan Teknologi Digitalisasi Administrasi Kependudukan Cimahi Kota (DILANDA CITA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi. Evaluasi ini menggunakan kerangka teori Willian N. Dunn (2003:610), yang mencakup indikator efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan teori evaluasi, bahwa layanan daring pada DILANDA CITA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi sudah efektif secara konseptual dan teknis operasional, namun belum mencapai efektivitas optimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Kesenjangan digital, kurangnya sosialisasi yang merata, hingga kerumitan persyaratan menjadi penghambat utama yang menyebabkan pelayanan belum optimal sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Program; Pelayanan Publik; DILANDA CITA
Subjects: Inventions and Patents > Geographic Treatment of Inventions and Patents
Office Services > Computer Application for Office Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Fitriana Marliyanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:00
Last Modified: 23 Jul 2025 04:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113094

Actions (login required)

View Item View Item