Suryani, Irma (2012) Motivasi belajar siswa dengan menggunakan media flash interaktif pada materi tajwid hubungannya dengan pemahaman mereka pada mata pelajaran Quran Hadits: Penelitian di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Pasiripis Kab. Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari adanya fenomena yang ada di MTs Negeri Pasiripis, yakni motivasi belajar siswa dalam mempelajari materi tajwid menggunakan media flash interaktif besar pengaruhnya terhadap pemahaman mereka pada mata pelajaran Quran Hadits. Dari fenomena tersebut timbulah permasalahan yang harus diteliti, yaitu bagaimana kadar hubungan motivasi belajar siswa menggunakan media flash interaktif terhadap pemahaman mereka pada mata pelajaran Quran Hadits. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan media flash interaktif pada materi tajwid, untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Quran Hadits dan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media flash interaktif pada materi tajwid dengan pemahaman mereka pada mata pelajaran Quran Hadits. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa pemahaman dipengaruhi oleh motivasi belajar. Dengan adanya motivasi yang tinggi dalam belajar, seseorang akan mudah mencapai tujuan yang diinginkan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin tinggi motivasi belajar siswa menggunakan media flash interaktif pada materi tajwid maka semakin tinggi pemahaman siswa pada mata pelajaran Quran Hadits. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif karena metode ini dianggap cocok untuk menggali, menganalisis dan menginterpretasikan penomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data dilakukan dengan dua cara, yaitu teknik logika digunakan untuk data kualitatif dan data kuantitatif diolah oleh data statistik, dengan menggunakan analisis persial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh motivasi belajar siswa dengan menggunakan media flash interaktif pada materi tajwid tergolong tinggi karena diperoleh rata-rata 3,53 yang berada pada skala 3,4 – 4,1,. Adapun pemahaman siswa pada mata pelajaran Quran Hadits termasuk kualifikasi cukup. Hal ini terlihat berdasarkan perolehan rata-rata 69, angka ini berada pada skala 55 – 75. Koefesien korelasi termasuk korelasi sedang 0,63 yaitu berada pada skala 0,40 – 0,70. Berdasarkan hasil uji signifikansi dan hipotesis bahwa pada taraf signifikansi 5% HO ditolak dan Ha diterima, karena t hitung 4,90 > ttabel 1,69. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa menggunakan media flash interaktif pada materi tajwid dengan pemahaman mereka pada mata pelajaran Quran Hadits. Sedangkan kadar pengaruh variabel X terhadap Y 23%. Dengan demikian pemahaman Quran Hadits siswa dapat dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 77%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quran Hadits; tajwid; Media Flash Interaktif; siswa; motivasi belajar; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 08:03 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 02:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1131 |
Actions (login required)
View Item |