Inayah, Firda Nurul (2025) Penggunaan media pembelajaran visual berbantu aplikasi nearpod untuk meningkatkan motivasi belajar siswa: Penelitian terhadap siswa kelas VII C SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover (24).pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
Surat pernyataan keaslian karya tulis il.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih konvensional. Penggunaan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Nearpod dianggap mampu menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa secara lebih interaktif dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Proses penggunaan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Nearpod pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VII C SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. 2) Motivasi belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VII C SMP Mekar Arum. 3) Peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Nearpod pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VII C SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Dalam penelitian ini, media pembelajaran visual berbantu aplikasi Nearpod memungkinkan guru menghadirkan materi secara interaktif, yang tidak hanya menarik perhatian siswa tetapi juga mendorong keterlibatan aktif mereka. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan adalah penggunaan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Nearpod dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, uji independent sample t-test, serta uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses penggunaan media pembelajaran visual berbantu media aplikasi Nearpod mencapai tingkat keberhasilan sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. 2) Motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran berbantu aplikasi Nearpod diperoleh nilai rata-rata sebasar 67,11, setelah menggunakan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Nearpod diperoleh nilai 77,37 artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa. 3) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas eksperimen setelah menggunakan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Nearpod diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,448 dengan kategori sedang. Sementara itu, nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,106 dengan kategori rendah. Uji hipotesis nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Nearpod pada mata pelajaran PAI dan BP di kelas VII C SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Visual;Nearpod;Motivasi |
Subjects: | Islam Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Firda Nurul Inayah |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:28 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |