Utami, Naila Tresna (2025) Pengaruh manajemen kesiswaan terhadap potensi diri peserta didik: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pernyataan Karya Sendiri.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (404kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen kesiswaan berperan penting dalam penyelenggaraan pendidikan yang melakukan interaksi langsung melalui pengelolaan dan pengembangan potensi peserta didik secara optimal. Melalui sistem yang terorganisir dan terarah, manajemen kesiswaan tidak hanya mengatur aspek administratif dan kedisiplinan, tetapi juga mendukung pembentukan karakter, pengembangan minat dan bakat, serta pencapaian prestasi peserta didik. Dalam konteks ini, manajemen kesiswaan yang efektif dapat menjadi landasan strategis untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung tumbuhnya potensi diri peserta didik secara menyeluruh baik dari segi intelektual, emosi, fisik, maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kesiswaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cileunyi, mengetahui potensi diri peserta didik di sekolah menengah tersebut, serta mengetahui pengaruh manajemen kesiswaan terhadap potensi diri peserta didik di SMPN 3 Cileunyi. Untuk mengembangkan potensi peserta didik, diperlukan manajemen kesiswaan yang terencana, sistematis, dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan survei angket (kuesioner) dengan pengukuran data skala likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, analisis regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Cileunyi dengan sampel sebanyak 92 orang. Berdasarkan hasil penelitian dengan pengujian statistik, diperoleh hasil dari setiap variabel. Variabel manajemen kesiswaan menghasilkan nilai rata-rata sebesar 4,06 yang termasuk pada kategori “Tinggi”. Adapun variabel potensi diri peserta didik menghasilkan nilai rata-rata sebesar 3,9 yang termasuk dalam kategori “Tinggi”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan dan potensi diri peserta didik memperoleh nilai rata-rata yang tinggi, dengan nilai korelasi yang sedang sebesar 0,598 dan koefisien determinasi 0,357. Artinya, manajemen kesiswaan berkontribusi sebesar 35,7% terhadap potensi diri peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kesiswaan; Potensi Diri; Sekolah Menengah Pertama |
Subjects: | General Management > Personnel Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Naila Tresna Utami |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 01:46 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |