Komariah, Cucu (2025) Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif unttuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
CamScanner 24-07-2025 11.32 (2).pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (371kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BA V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan dari latar belakang masalah yang terjadi di SDN Permata Biru. Berbagai upaya pembelajaran PAI dimensi Fiqih yang didominasi metode ceramah, dikte, media buku teks, media gambar dan audio non interaktif sudah dilakukan. Namun pada kenyataannya; 1) Metode ceramah, dikte, penggunaan buku teks dan media visual atau audio yang kurang interaktif mengakibatkan siswa merasa bosan, dan jenuh karena materi fiqih disajikan monoton, kurang variatif, juga materi fiqih yang abstrak sulit difahami dengan penjelasan verbal, 2) Metode pembelajaran yang tidak didukung media interaktif tidak mampu mengakomodasi beragam gaya belajar siswa mengakibatkan siswa merasa tidak tertantang dalam proses belajar dan materi tidak terserap dengan optimal, 3) Media non-interaktif tidak memungkinkan keterlibatan aktif siswa mengakibatkan siswa merasa tidak ada tantangan dalam belajar dan pemahaman siswa cenderung hafalan tanpa mendalam. Setelah dilakukan pre-test, nilainya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu dibawah 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis di kelas VI C SDN Permata Biru dalam: 1) Penggunaan MPI pada pembelajaran PAI, 2) Motivasi siswa pada mata pelajaran PAI sebelum dan setelah menggunakan MPI, 3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebelum dan setelah menggunakan MPI, 4) Signifikansi penggunaan MPI untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berdasarkan atas dasar teori motivasi belajar menurut para ahli, seperti Sardiman, Uno, dan Winkel, motivasi merupakan daya penggerak yang mendorong siswa untuk belajar dan mencapai tujuan yaitu hasil belajar yang baik. Menurunnya motivasi belajar mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimen Nonequivalent Kontrol Grup Design, jenis data yang digunakan data kuantitatif dan data kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes, angket, observasi dan studi dokumentasi untuk melengkapi data yang dibutuhkan saat penelitian. Analisis data diolah menggunakan analisis statistik dengan menempuh analisis regresi linier sederhana dan uji Anova satu jalur. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa: 1) Penggunaan MPI dalam pembelajaran PAI di kelas eksperimen menunjukkan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. 2) Hasil angket variabel Y (motivasi siswa) di kelas eksperimen menunjukan ada perbedaan yaitu jumlah nilai angket pre-test 61,38 dan post-test 65,16. 3) Hasil nilai mean N-Gain kelas eksperimen yaitu 65,32. Dilihat dari kategori tafsiran efektivitas N-Gain termasuk kategori cukup efektif. 4) Hasil uji Anova satu jalur, Nilai Sig. adalah 0,000. Karena nilai Sig. lebih kecil dari 0,05 atau (< 0,05) maka H0 ditolak atau H1 diterima yaitu terdapat perbedaan rata-rata skor hasil nilai kognitif pre-test dan post-test di kelas eksperimen yang menggunakan MPI, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan MPI terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Cucu Komariah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 06:07 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 06:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |