Strategi pemberdayaan dalam upaya mengurangi Buta Huruf Hijaiyah di Yayasan Al-Hikmah : Partisipatory Action Research di RW 04 Desa Cijagra Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung

Atsilah, Fithri Dinah (2025) Strategi pemberdayaan dalam upaya mengurangi Buta Huruf Hijaiyah di Yayasan Al-Hikmah : Partisipatory Action Research di RW 04 Desa Cijagra Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Keterangan Bebas Plagiarism)
3_Bebas Plagiarisme.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
4_Daftar Isi.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (Lampiran Penelitian)
10_Lampiran Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena buta huruf hijaiyah masih menjadi permasalahan serius dalam masyarakat Muslim, terutama di kalangan usia lanjut dan kelompok masyarakat dengan akses terbatas terhadap pendidikan keagamaan formal. Minimnya kemampuan membaca huruf hijaiyah berdampak pada keterbatasan pemahaman terhadap Al-Qur’an dan ibadah secara menyeluruh. Yayasan Al-Hikmah merespon kondisi ini dengan menginisiasi Program Pengajian Kolot (JILOT), sebuah pendekatan berbasis pemberdayaan komunitas yang menyasar individu dengan keterbatasan literasi huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengajian kolot dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada lansia, tantangan program pengajian kolot serta hasil program pengajian kolot dalam mengurangi buta huruf hijaiyah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Strategi (Stephen P. Robbins dan Mary Coulter 2012:36) dan teori Pemberdayaan (Widjaja 2003:169). Metode penelitian PAR (Partisipatory Action Research) Pendekatan kualitatif dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi aktivitas pembelajaran. Program Jilot menggabungkan pendekatan partisipatif, penggunaan metode pembelajaran Iqra', serta pemberdayaan emosional dan spiritual melalui pembinaan intensif oleh fasilitator yang berasal dari masyarakat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan yang diterapkan dalam program Jilot memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan peserta dalam membaca huruf hijaiyah. Keberhasilan program ini ditopang oleh keterlibatan aktif masyarakat, Meningkatnya kualitas bacaan Al-Qur'an, serta pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik jama’ah. Pendampingan rutin, serta dukungan aktif da masyarakarit sekitar, strategi ini berhasil meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah terutama pada kelompok lansia, sehingga mampu menurunkan angka buta huruf hijaiyah secara signifikan. Kesimpulannya, pemberdayaan melalui program pengajian kolot efektif dalam mengatasi buta huruf hijaiyah dengan memadukan metode pembelajaran yang sesuai dan dukungan sosial yang kuat. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar program serupa dapat dikembangkan di wilayah lain guna memperluas manfaatnya. Program Jilot terbukti menjadi model efektif dalam mengatasi buta huruf hijaiyah secara berkelanjutan di lingkungan Yayasan Al-Hikmah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Masyarakat; Buta Huruf Hijaiyah; Program Jilot;
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dinah Atsilah Fithri
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:38
Last Modified: 28 Jul 2025 01:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113347

Actions (login required)

View Item View Item