Fauzan, Farhan Ahmad (2025) Strategi guru ngaji dalam memberdayakan motivasi belajar siswa madrasah diniyah takmiliyah nuur salim: Aset Based Community Development Kampung Rancakaso Desa Padamukti Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
plagiarisme farhan (1).pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Download (291kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
![]() |
Text
lampiran penelitian (10).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Motivasi belajar siswa di lembaga pendidikan keagamaan non formal seperti Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) seringkali menjadi tantangan, khususnya di wilayah pedesaan dengan keterbatasan sumber daya. Kampung Rancakaso di Desa Padamukti, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, menghadapi fenomena rendahnya semangat belajar siswa MDT karena minimnya fasilitas, dan lingkungan yang kurang mendukung. Dalam konteks ini, peran guru ngaji menjadi sangat penting sebagai agen perubahan yang mendorong pemberdayaan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru ngaji dalam memberdayakan motivasi belajar siswa, mengenai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam membangun motivasi belajar siswa MDT Nuur Salim. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori strategi (Imam Mulyana 2010:45) dan teori pemberdayaan (Widjaja 2003:169). Metode penelitian Asset Based Community Development (ABCD) dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Strategi yang diterapkan guru ngaji mencakup pengenalan potensi lokal sebagai sumber serta pelibatan aktif keluarga dan masyarakat dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru ngaji efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui penelitian yang dilakukan yakni Proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran dalam Membangun Motivasi Belajar siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Nuur Salim. Siswa menunjukkan peningkatan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran, keaktifan dalam kegiatan keagamaan, serta kedisiplinan belajar yang lebih baik. Pendekatan berbasis aset terbukti mampu memperkuat rasa percaya diri siswa, membangun kebanggaan terhadap lingkungan mereka, dan memperkuat sinergi antara guru, siswa, dan masyarakat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran strategis guru ngaji sangat krusial dalam membangkitkan motivasi belajar siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Nuur Salim, sehingga direkomendasikan agar strategi-strategi tersebut terus dikembangkan dan diadaptasi sesuai kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar; Guru Ngaji; Strategi Pemberdayaan; |
Subjects: | Social Process > Social Change |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Ahmad Fauzan Farhan |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |