Peran Pariwisata dalam Meningkatkan Ekonomi melalui Kualitas Home Industry di Sentra Home Industry Cibaduyut Kelurahan Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung

Robiah, Dede (2018) Peran Pariwisata dalam Meningkatkan Ekonomi melalui Kualitas Home Industry di Sentra Home Industry Cibaduyut Kelurahan Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Pariwisata yang kini dari waktu ke waktu semakin berkembang dan meluas ke seluruh penjuru daerah, hal ini terbukti di berbagai tempat atau daerah, antara lain khususnya di Cibaduyut Kota Bandung yang dijadikan sebagai objek wisata yang terkenal dengan sentra home industry Cibaduyut sebagai tempat pusat perbelanjaan. Dengan adanya potensi wisata ini, pariwisata memberikan dampak positif penghasilan yang menjadikan salah satu pertumbuhan ekonomi bagi para kaum pedagang sentra home industry Cibaduyut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pariwisata dalam meningkatkan ekonomi melalui kualitas home industry di kawasan sentra industri Cibaduyut yang di lihat dari sisi kemajuan ekonomi yang semakin meningkat. Landasan pemikiran yang digunakan dalam analisis ini adalah menurut Oka A.Yoeti (2001:57) tentang peran pariwisata bagi pertumbuhan ekonomi memiliki potensi yang sangat strategis, sehingga kegiatan pariwisata menjadi faktor penting dalam pengembangan ekonomi. Dimana pariwisata ini bukan hanya merupakan untuk mencari kesenangan dan kepuasan saja melainkan sebagai tempat yang dijadikan suatu tempat atau lokasi untuk mencari nafkah kehidupan sebagai bahan penunjang peningkatan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan, menganalisa, menggambarkan dan mengklasifikasikan tentang pertumbuhan ekonomi yang berdampak positif serta kemajuan usaha para pedagang sentra home industry Cibaduyut yang dilakukan oleh para wisatawan ketika berkunjung dengan tujuan berbelanja dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi lapangan dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pariwisata pada kawasan sentra home industry Cibaduyut telah mengalami peningkatan yang signifikan dengan daya ukur keberhasilan pendapatan bagi para pengusaha atau pedagang yang semakin hari semakin meningkat. Ini merupakan hasil setelah di resmikan sebagai objek wisata belanja dengan melalui cara mempromosikan sampai ke seluruh wilayah domestik maupun mancanegara dengan mendatangkan wisatawan khususnya pada hari libur. Karena potensi wisata belanja pada kawasan sentra home industry Cibaduyut ini merupakan salah satu komoditi yang menunjang pada pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata;Ekonomi;Home Industry
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dede Robiah
Date Deposited: 18 Jul 2018 03:51
Last Modified: 18 Jul 2018 03:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11336

Actions (login required)

View Item View Item