Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan E-modul untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa

Abriandita, Salsabila (2025) Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan E-modul untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_sk bebas plagiarism.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis serta kemandirian belajar siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu sekolah di Kota Bandung. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbantuan E-Modul. Tujuan penelitian ini untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar melalui pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Jatinangor di dua kelas menggunakan metode quasi eksperimen. Instrumen pengumpulan data penelitian terdiri dari instrumen tes yang telah melewati uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji tingkat kesukaran, serta instrumen non tes terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dan lembar kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan E-Modul dikategorikan sangat baik, peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbantuan E-Modul lebih baik daripada siswa yang menggunakan konvensional, kemandirian belajar siswa yang menggunakan Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbantuan E-Modul sebagian besar memberikan sikap positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Auditory Intellectually Repetition (AIR); E-Modul; Pemecahan Masalah; Kemandirian Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Salsabila Abriandita
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:39
Last Modified: 25 Jul 2025 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113439

Actions (login required)

View Item View Item