Fauziah, Renna Nur (2025) Pengembangan e–modul interaktif berbantuan heyzine dengan mathcitymap untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis siswa: Penelitian R & D produk e-modul interaktif di SMPN 1 Ciparay. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (178kB) | Preview |
|
![]() |
Text (KETERANGAN CEK PLAGIARISME)
3_Surat Keterangan Cek Plagiarisme.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
5_Daftar Isi.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
|
Text (BAB I)
6_BAB I.pdf Download (569kB) | Preview |
|
![]() |
Text
7_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
8_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
9_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
10_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
![]() |
Text (REFERENSI)
11_Referensi.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
12_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menghadapi berbagai persoalan kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kenyataannya kemampuan ini masih tergolong rendah karena pendekatan pembelajaran yang digunakan cenderung bersifat konvensional dan kurang melibatkan peserta didik secara aktif serta media pembelajaran seperti e-modul pun belum sepenuhnya mendukung pembelajaran kontekstual. Oleh karena itu, diperlukan inovasi media pembelajaran yang interaktif dan kontekstual. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan e-modul interaktif berbantuan Heyzine dengan Mathcitymap untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah research and develompment (R&D) dengan model ADDIE (Analysis,Design, Development,Implementation,and Evaluation). Sumber data diperoleh dari peserta didik kelas VII H SMPN 1 Ciparay pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar: balok & kubus, dosen ahli media dan guru mata pelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat validitas media valid dan tingkat validitas materi sangat valid. Tingkat praktikalitas media menunjukan sangat praktis serta tingkat efektivitas media ini sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul layak digunakan sebagai penunjang tambahan dalam pembelajaran matematika yang lebih interaktif di sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul; Interaktif; Heyzine; Mathcitymap; Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rahma Nur Salamah |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:29 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |