Penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi experiment siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung

Rahmasari, Fani (2025) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi experiment siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Lembar pernyataan (24).pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang terlihat dari keterlibatan siswa yang masih pasif dalam proses pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa, peneliti menerapkan model pembelajaran Mind Mapping yang diharapkan dapat membantu siswa lebih aktif dalam mengaitkan konsep dan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung, (2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah diterapkannya model Mind Mapping, dan (3) Pengaruh penerapan model Mind Mapping terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Teori utama yang menjadi dasar penelitian ini adalah teori Buzan yang menjelaskan bagaimana mind mapping dapat membantu siswa mengorganisasi ide pokok dan sub ide dalam bentuk visual sehingga mempermudah pemahaman materi. Selain itu, penelitian ini juga mengacu pada teori aktivitas belajar yang mencakup aktivitas visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, mental, motorik, serta emosional. Berdasarkan teori tersebut, kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah diduga penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment desain pre-test and post-test with non-equivalent control group. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model mind mapping dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji Wilcoxon, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model mind mapping terlaksana dengan sangat baik, dengan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 91,67% dan aktivitas siswa sebesar 90,00%. (2) Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat dengan skor rata-rata pretest 64,48 meningkat menjadi 83,16 pada posttest, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 65,60 menjadi 69,76. (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan hasil analisis N-Gain dengan rata-rata 0,31 yang termasuk kategori sedang. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Mind Mapping efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Model Mind Mapping; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmasari Fani
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:47
Last Modified: 31 Jul 2025 03:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113767

Actions (login required)

View Item View Item