Rahmasari, Fani (2025) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi experiment siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Lembar pernyataan (24).pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (610kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang terlihat dari keterlibatan siswa yang masih pasif dalam proses pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa, peneliti menerapkan model pembelajaran Mind Mapping yang diharapkan dapat membantu siswa lebih aktif dalam mengaitkan konsep dan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung, (2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah diterapkannya model Mind Mapping, dan (3) Pengaruh penerapan model Mind Mapping terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Teori utama yang menjadi dasar penelitian ini adalah teori Buzan yang menjelaskan bagaimana mind mapping dapat membantu siswa mengorganisasi ide pokok dan sub ide dalam bentuk visual sehingga mempermudah pemahaman materi. Selain itu, penelitian ini juga mengacu pada teori aktivitas belajar yang mencakup aktivitas visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, mental, motorik, serta emosional. Berdasarkan teori tersebut, kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah diduga penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment desain pre-test and post-test with non-equivalent control group. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model mind mapping dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji Wilcoxon, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model mind mapping terlaksana dengan sangat baik, dengan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 91,67% dan aktivitas siswa sebesar 90,00%. (2) Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat dengan skor rata-rata pretest 64,48 meningkat menjadi 83,16 pada posttest, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 65,60 menjadi 69,76. (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan hasil analisis N-Gain dengan rata-rata 0,31 yang termasuk kategori sedang. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Mind Mapping efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar; Model Mind Mapping; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rahmasari Fani |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:47 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |