Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan Self-Esteem dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi

NUR LAILA, NAZILA (2023) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan Self-Esteem dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (sk bebas plagiarism)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
4_daftarisi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
5_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (bab 3)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (bab 4)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (bab 5)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (daftar pustaka)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (lampiran lampiran)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Model Pembelajaran menjadi salah satu yang mempengaruhi self-esteem dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Model yang tidak melibatkan peserta didik dalam pembelajaran menyebabkan self-esteem dan hasil belajar peserta didik kurang baik khususnya pada materi sistem ekskresi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan Self-Esteem dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi. Terdapat dua jenis variabel yang digunakan, yaitu self-esteem sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Penelitian dilakukan di MTS Al-Misbah dengan hipotesis adanya pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan self-esteem dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil belajar peserta didik menggunakan model PBL menghasilkan N-gain 0.7 dengan kategori tinggi. Selain itu, hasil self-esteem setelah menggunakan model PBL mendapat kategori tinggi. Penerapan PBL dalam upaya peningkatan self-esteem peserta didik menjadi salah satu solusi yang mana dengan model ini peserta didik lebih diikutsertakan dalam proses pembelajaran hingga dapat meningkatkan rasa penghargaan diri pada peserta didik juga hasil belajar. Maka, dari kedua uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap peningkatan Self-Esteem dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Peserta Didik; Self-esteem; Sistem Ekskresi
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nazila Nazila Nur
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:33
Last Modified: 01 Aug 2025 03:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113846

Actions (login required)

View Item View Item