Penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe & Explain) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PABP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti): Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Al-Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung

Mardiansyah, Muhammad Ilham (2025) Penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe & Explain) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PABP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti): Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Al-Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi awal di kelas VIII SMP Al-Amanah Cileunyi, ditemukan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PABP), yang ditunjukkan oleh hasil belajar yang masih belum optimal atau belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, model pembelajaran yang digunakan masih bersifat monoton dan kurang mampu mendorong peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan, sehingga dibutuhkan inovasi dan pembaharuan model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif model yang dinilai sesuai untuk mengatasi permasalahan ini adalah model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain), karena mampu meningkatkan hasil belajar sisawa melalui tahapan memprediksi, mengamati, dan menjelaskan materi secara langsung. Untuk menjawab tantangan tersebut, penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran POE. (2) Mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran POE dalam pembelajaran PABP (3) Mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran POE di kelas VIII SMP Al-Amanah Cileunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi meksperimen dan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII SMP Al-Amanah Cileunyi, dengan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol. Peneliti menduga bahwa model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PABP. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk menilai hasil belajar ranah kognitif, khususnya pada level analisis, evaluasi, dan kreasi (C4–C6). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas, homogenitas, perhitungan NGain, serta uji hipotesis (uji-t independen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran POE pada mata pelajaran PABP memiliki nilai rata-rata sebesar 81,90 untuk kelas eksperimen dan 79,43 untuk kelas kontrol. (2) Perencanaan model POE dilakukan melalui penyusunan modul ajar yang terstruktur dan sesuai karakter siswa. Penerapannya di kelas eksperimen mengikuti sintaks yang telah dirancang, dengan proses pelaksanaan yang berjalan baik dan mencapai rata-rata ketercapaian 83% (3) Hasil rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,524 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 0,329 (kategori rendah). Hasil uji-t menunjukkan nilai p = 0,01 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POE efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam membangun pemahaman konsep yang lebih mendalam dan keterlibatan aktif selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Ilham Mardiansyah
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:17
Last Modified: 01 Aug 2025 03:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113884

Actions (login required)

View Item View Item