Pengaruh supervisi akademik Kepala Madrasah terhadap peningkatan kompetensi profesional guru : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut

Rubiyanti, Suci (2025) Pengaruh supervisi akademik Kepala Madrasah terhadap peningkatan kompetensi profesional guru : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftarisi-1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
3_keterangan plagiarisme.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Supervisi akademik yang seharusnya menjadi sarana pembinaan justru seringkali dilakukan secara administratif dan bersifat formalitas, sehingga belum mampu memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru. Hal ini terlihat dari masih rendahnya hasil Uji Kompetensi Guru di Kabupaten Garut yang hanya mencapai rata-rata 57,38. Meskipun banyak guru telah memiliki sertifikasi dan menerima tunjangan profesi, namun dalam pelaksanaan tugas sehari-hari masih ditemukan kelemahan, seperti kurangnya persiapan dalam menyusun perangkat pembelajaran, penguasaan materi ajar yang belum optimal, serta minimnya penggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi. Kondisi ini menunjukkan perlunya supervisi akademik yang lebih bermakna, terencana, dan berorientasi pada pengembangan kompetensi profesional guru secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut; (2) Mengetahui realitas profesional guru di Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut. (3) Menguji pengaruh antara supervisi akademik terhadap kompetensi guru di Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, dan data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 46 responden. Kuesioner tersebut menggunakan skala Likert dengan empat pilihan jawaban. Analisis data yang dilakukan meliputi uji instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis parsial per indikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linieritas data), serta uji hipotesis yang mencakup analisis regresi linier sederhana, uji T, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik kepala madrasah memiliki sebaran nilai rata-rata keseluruhan indikator 3,52 yang termasuk dalam kategori “Tinggi”. Capaian ini mencerminkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik telah berjalan dengan efektif. Selanjutnya untuk hasil kompetensi profesional guru memiliki sebaran nilai rata-rata 3,58 termasuk dalam kategori “Tinggi”. mencerminkan bahwa guru telah memiliki kemampuan yang baik dalam menjalankan tugasnya secara profesional. Kemudian hasil pengujian regresi linier sederhana bahwa nilai konstanta sebesar 76,669 dengan tingkat signifikansi sebesar <0,001 < 0,05, dapat dikatakan bahwa Supervisi Akademik kepala MSadrasah (X) berpengaruh sebesar 63,5% Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru (Y) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut, pengaruh ini mengidentifikasi bahwa semakin baik pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan kepala madrasah, maka semakin baik pula kompetensi profesional guru begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik; Kompetensi Profesional Guru
Subjects: Social Process > Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: suci rubiyanti
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:01
Last Modified: 04 Aug 2025 03:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113942

Actions (login required)

View Item View Item