Motivasi santri mahasiswi mengikuti kegiatan shalat tahajud di pondok pesantren Bustanul Wildan hubungannya dengan aktivitas ibadah mereka sehari-hari: Penelitian terhadap santri mahasiswi pondok pesantren Bustanul Wildan Cileunyi-Bandung

Liani, Laela Apri (2015) Motivasi santri mahasiswi mengikuti kegiatan shalat tahajud di pondok pesantren Bustanul Wildan hubungannya dengan aktivitas ibadah mereka sehari-hari: Penelitian terhadap santri mahasiswi pondok pesantren Bustanul Wildan Cileunyi-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena motivasi santri mahasiswi mengikuti kegaiatan shalat tahajud di Pondok Pesantren Bustanul Wildan setiap malam minggu sangatlah tinggi. Tingginya motivasi santri mengikuti kegiatan shalat tahajud mempunyai peranan penting dalam meningkatkan aktivitas ibadah mereka sehari hari. Berdasarkan informasi yang didapat bahwa motivasi sebagaian santri mahasiswi mengikuti shalat tahajud masih kurang. Hal ini, ditandai dengan susah dibangunkan untuk melakukan shalat tahajud, tidak mengingat jadwal shalat tahajud, dan masih ada santri yang melanggar peraturan tidak melaksanakan shalat tahajud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Motivasi santri mahasiswi Pondok Pesantren Bustanul Wildan dalam mengikuti kegaiatan sahalat tahajud. 2) Aktivitas ibadah mereka sehari-hari. 3) Hubungan antara motivasi santri mahasiswi Pondok Pesantren Bustanul Wildan mengikuti kegiatan shalat tahajud dengan aktivitas ibadah mereka sehari-hari. Bertolak dari asumsi bahwa motivasi santri mahasiswi mengikuti kegiatan shalat tahajud di Pondok Pesantren Bustanul Wildan ketergantungan terhadap aktivitas ibadah mereka sehari-hari, maka hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi santri mahasiswi mengikuti kegaiatan shalat tahajud di Pondok pesantren Bustanul Wildan dengan aktivitas ibadah mereka sehari-hari. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, karena metode ini dianggap tepat untuk menggali dan mengungkap dan menganalisis fenomena yang nampak sekarang. Sampel penelitian ini adalah 41 santri perempuan Pondok Pesantren Bustanul Wildan asrama putri Pusaka dan Al-wafa. Sedangkat teknik pengumpul datanya yang dilakukan adalah teknik observasi, wawancara, angket, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh diolah dengan cara menghitung Mean, Median dan Modus. Selain itu dilakukan pula penentuan standar deviasi, uji normalitas, uji linieritas regresi dan uji korelasi. Setelah dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi santri mahasiswi mengikuti kegaiatan shalat tahajud di Pondok Pesantren Bustanul Wildan taraf kualifikasi tinggi angka 3,54 berada pada rentang 3,50- 4,50. Aktivitas ibadah mereka sehari-hari taraf kualifikasi tinggi angka 3,76 berada pada rentang 3,50-4,50. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 28.09% dengan tingkat korelasi sedang atau cukup 0,53 dan hipotesisnya diterima (thitung 3,92 > ttabel 2,02). Sebesar 71.91% faktor lain yang mempengaruhi aktivitas ibadah mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 18 Aug 2018 04:03
Last Modified: 18 Aug 2018 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11396

Actions (login required)

View Item View Item