Pengembangan Acrachemmics (Acid Rain in Chemical Commics) berorientasi literasi kimia

Khaerunnisa, Rifa and Irwansyah, Ferli Septi and Dewi, Citra Deliana and Dahriah, Iis and Gerhana, Yana Aditia (2025) Pengembangan Acrachemmics (Acid Rain in Chemical Commics) berorientasi literasi kimia. Online Learning in Educational Research, 5 (1). pp. 129-141. ISSN 2798-2351

[img]
Preview
Text
721-3435-1-PB.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://journal.foundae.com/index.php/oler/article...

Abstract

INDONESIA: Memahami konsep kimia seperti hujan asam dapat menjadi tantangan bagi siswa karena sifatnya yang abstrak dan kompleks. Untuk mengatasi hal ini, pendekatan pembelajaran berbasis literasi kimia menggunakan media komik dikembangkan. Acrachemmics (Hujan Asam dalam Komik Kimia) diciptakan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media komik elektronik, khususnya Acrachemmics (Hujan Asam dalam Komik Kimia). Metodologi Penelitian Berbasis Desain (DBR) digunakan, yang terdiri dari tiga fase: analisis, desain, dan pengembangan. Uji validasi menghasilkan koefisien korelasi Pearson (r) sebesar 0,88, menunjukkan tingkat validitas konten yang tinggi. Selain itu, penilaian kelayakan, yang memeriksa aspek konten materi, komunikasi visual, rekayasa perangkat lunak, dan bahasa, menghasilkan skor rata-rata 84%, mencerminkan tingkat kegunaan praktis yang tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa Acrachemmics merupakan media pendidikan yang valid dan layak untuk mengajarkan konsep hujan asam. Dengan menyajikan konten ilmiah melalui visual yang menarik dan narasi cerita, Acrachemmics memudahkan pemahaman siswa dalam format yang lebih mudah diakses dan menyenangkan. ENGLISH: Understanding chemical concepts such as acid rain can be challenging for students due to their abstract and complex nature. To address this, a chemical literacy-based learning approach using comic media. Acrachemmics (Acid Rain in Chemical Comics) was developed to enhance student comprehension. This research aims to develop and evaluate electronic comic media especially Acrachemmics (Acid Rain in Chemical Comics). A Design-Based Research (DBR) methodology was employed, comprising three phases: analysis, design, and development. The validation test yielded a Pearson correlation coefficient (r) of 0.88, indicating a high level of content validity. Additionally, the feasibility assessment, which examined aspects of material content, visual communication, software engineering, and language, produced an average score of 84%, reflecting a high level of practical usability. These results suggest that Acrachemmics is both a valid and feasible educational media for teaching acid rain concepts. By presenting scientific content through engaging visuals and narrative storytelling, Acrachemmics facilitates student understanding in a more accessible and enjoyable format.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Acid rain; Chemical literacy; Comics;Learning media
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Ecology > Environmental Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rifa Khaerunnisa
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:13
Last Modified: 04 Aug 2025 08:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113979

Actions (login required)

View Item View Item