Implementasi konsep tazkiyatun nafs sa'id hawwa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah: Studi analisis terhadap materi-materi pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung

Pitaloka, Daffa Maharani (2025) Implementasi konsep tazkiyatun nafs sa'id hawwa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah: Studi analisis terhadap materi-materi pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa fenomena permasalahan akhlak tercela atau akhlak mazmumah yang terjadi pada peserta didik. Peneliti mengambil konsep tazkiyatun nafs menurut Sa’id Hawwa sebagai bahan analisis implementasi kesesuaian materi pada pembelajaran akidah akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kesesuaian materi-materi akidah akhlak dengan konsep tazkiyatun nafs dan implementasinya di Madrasah Tsanawiyah. 2) Mengkaji model implementasi tazkiyatun nafs pada materi pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah ditinjau dari perspektif buku Pendidikan Spiritual Sa'id Hawwa. 3) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tazkiyatun nafs dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung. Metode tazkiyatun nafs dibangun atas beberapa prinsip fundamental. Pertama, prinsip kesadaran diri (muhasabah), yaitu introspeksi dan evaluasi diri secara berkelanjutan terhadap perbuatan, pikiran, dan perasaan. Kedua, prinsip bertaubat (taubat nasuha) sebagai langkah awal dalam pembersihan jiwa dari dosa dan kesalahan. Ketiga, prinsip konsistensi dalam beribadah dan berbuat baik sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah Swt. Tazkiyatun nafs menurut Sa'id Hawwa adalah proses yang kompleks dalam suatu proses pembersihan jiwa, dan pembentukan suatu pembersihan jiwa yang mencakup aspek spiritual, moral, dan sosial dalam upaya mencapai kesempurnaan diri serta menuju sifat-sifat terpuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan adalah dengan menetapkan penelitian studi analisis dan fenomologi yang relevan dengan pendekatan dan paradigma penelitian yang telah disusun sebelumnya. Sesuai dengan sifat atau jenis data yang dihimpun, peneliti dapat menetapkan metode penelitian riset analisis isi (content analysis) dan studi lapangan (field research or field study) penelitian secara langsung pada kesesuaian konsep tazkiyatun nafs dengan materi-materi pembelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pelajaran akidah akhlak yang diajarkan, seperti iman, Islam, ihsan, tobat, taat, istikamah, ikhlas, Asmaul Husna, iman kepada malaikat dan makhluk ghaib, serta adab beribadah, sangat erat kaitannya dengan konsep tazkiyatun nafs. Implementasi nilai-nilai penyucian jiwa tersebut tidak hanya tercermin dalam aspek kognitif, tetapi juga melalui penanaman nilai afektif dan psikomotorik peserta didik. Konsep tazkiyatun nafs terbukti memberikan kontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter islami peserta didik melalui proses internalisasi nilai yang mendalam dan sistematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konsep tazkiyatun nafs; pendidikan spritual; Sa’id Hawwa; akidah akhlak
Subjects: Islam > Sufi Orders
Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Religious Leaders Biography > Islam Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Daffa Maharani Pitaloka
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:48
Last Modified: 04 Aug 2025 07:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113987

Actions (login required)

View Item View Item