Haniyatuzzahroh, Haniyatuzzahroh (2025) Efektivitas coaching Islami model grow terhadap peningkatan minat studi lanjut siswa: Penelitian pada siswa MA Al-Ihsan Ciparay, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (727kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Minat studi lanjut merupakan faktor penting yang mendorong siswa untuk merencanakan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam konteks pendidikan Islam, menuntut ilmu bukan hanya sebagai kebutuhan duniawi, melainkan juga merupakan bentuk pengabdian kepada Allah Swt. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tidak semua siswa memiliki motivasi dan minat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan, meskipun mereka berada di lingkungan pendidikan berbasis Islam. Rendahnya minat peserta didik Madrasah Aliyah (MA) untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi menjadi persoalan yang memerlukan solusi strategis. Berdasarkan data internal MA Al-Ihsan Ciparay, hanya 40% peserta didik kelas XII tahun ajaran 2023 yang melanjutkan ke pendidikan tinggi, lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 60%. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas coaching Islami model GROW terhadap peningkatan minat studi lanjut peserta didik MA Al-Ihsan Ciparay. Model GROW (Goal, Reality, Options, Will) merupakan pendekatan coaching yang membantu siswa menetapkan tujuan, mengevaluasi kondisi diri, mengeksplorasi pilihan, dan membangun komitmen untuk bertindak, dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islami. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen jenis one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 48 siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan adalah angket minat studi lanjut yang disusun berdasarkan teori Expectancy-Value dari Eccles yang menyatakan bahwa motivasi individu untuk melakukan suatu aktivitas dipengaruhi oleh ekspektasi keberhasilan dan nilai yang diberikan terhadap aktivitas tersebut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan antara pretest dan posttest setelah pelaksanaan coaching Islami, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa Coaching Islami model GROW efektif terhadap peningkatan minat studi lanjut siswa, dengan peningkatan sebesar 12%. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat faktor lain yang turut memengaruhi minat studi lanjut siswa, di antaranya latar belakang keluarga, kondisi sosial ekonomi, serta pelaksanaan coaching yang masih dilakukan secara klasikal. Efektivitas coaching tercermin dari meningkatnya ekspektasi keberhasilan dan persepsi nilai terhadap pendidikan tinggi. Selain dampak kognitif, proses coaching juga menumbuhkan kesadaran spiritual dan makna pendidikan sebagai bagian dari ibadah. Kesimpulannya, Coaching Islami model GROW dapat menjadi alternatif strategi dalam layanan bimbingan karier Islami untuk membina motivasi dan orientasi pendidikan siswa secara lebih bermakna.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Coaching Islami; model GROW; minat studi lanjut; bimbingan karier Islami; teori Expectancy-Value |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Haniyatuzzahroh Herdiana |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 06:51 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |