Tanggapan terhadap penerapan hukuman menghapal surat-surat pendek hubungannya dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP PGRI 450 Solokanjeruk-Bandung

Daspia, Astri (2010) Tanggapan terhadap penerapan hukuman menghapal surat-surat pendek hubungannya dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP PGRI 450 Solokanjeruk-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Coper.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
8_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_Bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
5_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB IV)
6_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMP PGRI 450 Solokanjeruk Kabupaten Bandung, yaitu bahwa penerapan hukuman menghapal surat-surat pendek yang dilaksanakan di sekolah tersebut terindikasi berjalan dengan baik. Akan tetapi motivasi siswa dalam mengikuti mata pelajaran PAI terindikasi rendah. Hal ini terlihat ketika proses belajar mengajar berlangsung masih ada di antara siswa yang tidak memperhatikan guru, terlambat masuk kelas dan tidak mengerjakan tugas. Di sini terdapat kesenjangan, di satu pihak pelaksanaan hukuman menghapal surat-surat pendek berjalan dengan baik, tetapi pada kenyataannya belum bisa membangkitkan motivasi belajar siswa. Dari fenomena tersebut penulis tertarik untuk menelitinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan hukuman menghapal surat-surat pendek, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dan hubungan antara tanggapan terhadap penerapan hukuman menghapal surat-surat pendek dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penerapan hukuman menghapal surat-surat pendek. Dengan demikian hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tanggapan siswa terhadap penerapan hukuman menghapal surat-surat pendek maka akan semakin tinggi motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI, begitu juga sebaliknya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, studi kepustakaan dan wawancara. Analisis datanya dilakukan dengan logika untuk data kualitatif dan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasioner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel X berdistribusi normal dengan nilai rata-rata 3,80 yang termasuk kategori tinggi, karena berada pada interval 3,50-4,50. Variabel Y berdistribusi normal dengan nilai rata-rata 3,82 yang termasuk kategori tinggi, karena berada pada interval 3,50-4,50. Harga Koefisien korelasi antara tanggapan siswa terhadap penerapan hukuman menghapal surat-surat pendek dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 0,31. Angka tersebut menunjukkan adanya korelasi rendah karena berada pada interval 0,20-0,40. Hipotesis yang diajukan diterima (th (2,01) > tt (1,68)). Kadar pengaruh tanggapan terhadap penerapan hukuman menghapal surat-surat pendek dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam mencapai 5%. Dengan kata lain masih ada sekitar 95% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP PGRI 450 Solokanjeruk-Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: surat-surat pendek; hukuman; PAI; motivasi belajar;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:52
Last Modified: 04 Feb 2020 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item