Safaat, Rina Noor (2025) Penerapan Model Pembelajaran Collaborative In Questioning, Analysing, Synthesizing, And Evaluating (CinQASE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (238kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daptarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan penalaran matematis dan self-regulated learning merupakan keterampilan esensial yang perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dan mengetahui self-regulated learning melalui model pembelajaran CinQASE. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas VII sekolah menengah pertama dan sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Instrument utama penelitian yaitu tes kemampuan penalaran matematis dengan validitas dan reabilitas yang berkategori tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen dengan model pembelajaran CinQASE lebih baik daripada kelas konvensional dan self-regulated learning siswa pada model CinQASE bearada pada kategori sedang. Berdasarkan temuan ini, model CinQASE dapat dijadikan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang mendukung peningkatan kemampuan berpikir matematis dan sikap belajar mandiri siswa secara seimbang. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian menggunakan model CinQASE diharapkan untuk membuat LKPD yang lebih menarik dan menantang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CinQASE; collaborative learning; mathematics education; mathematical reasoning; self-regulated learning |
Subjects: | Mathematics > General Publications of Mathematics Mathematics > Mathematicians |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rina Noor Safaat |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:54 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |