Penerapan Model Pembelajaran Collaborative In Questioning, Analysing, Synthesizing, And Evaluating (CinQASE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa

Safaat, Rina Noor (2025) Penerapan Model Pembelajaran Collaborative In Questioning, Analysing, Synthesizing, And Evaluating (CinQASE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
5_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
10_daptarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan penalaran matematis dan self-regulated learning merupakan keterampilan esensial yang perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dan mengetahui self-regulated learning melalui model pembelajaran CinQASE. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas VII sekolah menengah pertama dan sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Instrument utama penelitian yaitu tes kemampuan penalaran matematis dengan validitas dan reabilitas yang berkategori tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen dengan model pembelajaran CinQASE lebih baik daripada kelas konvensional dan self-regulated learning siswa pada model CinQASE bearada pada kategori sedang. Berdasarkan temuan ini, model CinQASE dapat dijadikan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang mendukung peningkatan kemampuan berpikir matematis dan sikap belajar mandiri siswa secara seimbang. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian menggunakan model CinQASE diharapkan untuk membuat LKPD yang lebih menarik dan menantang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CinQASE; collaborative learning; mathematics education; mathematical reasoning; self-regulated learning
Subjects: Mathematics > General Publications of Mathematics
Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rina Noor Safaat
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:54
Last Modified: 06 Aug 2025 06:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114239

Actions (login required)

View Item View Item