Penerapan strategi Thinking Maps untuk meningkatkan kemampuan spasial dan Self Esteem matematis siswa

Husna, Rika Amanda (2025) Penerapan strategi Thinking Maps untuk meningkatkan kemampuan spasial dan Self Esteem matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_bebasplagiasi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan spasial dan self esteem matematis merupakan dua aspek penting yang mendukung keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika Strategi Thinking Maps hadir sebagai alternatif pembelajaran untuk merepresentasikan konsep matematika secara visual, sekaligus membangun harga diri mereka. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Subjek terdiri dari dua kelas yang diberi perlakuan berbeda: kelas eksperimen menggunakan strategi Thinking Maps dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setiap kelasnya tediri dari 20 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan spasial dan angket self-esteem matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) bagaimana keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan strategi Thinking Maps, (b) apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan spasial antara siswa yang belajar dengan Thinking Maps dan pembelajaran konvensional, (c) apakah terdapat perbedaan pencapaian kemampuan spasial antar kedua kelas, dan (d) apakah terdapat perbedaan peningkatan self esteem matematis antara kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) keterlaksanaan pembelajaran dengan strategi Thinking Maps berada pada kategori sangat baik, (b) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan spasial antara siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (c) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan spasial matematis antara kedua kelas, serta (d) terdapat perbedaan peningkatan self esteem matematis antara kedua kelas. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi Thinking Maps efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan spasial dan self-esteem matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Thinking Maps, Spasial Matematis, Self Esteem
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rika Amanda Husna
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:23
Last Modified: 07 Aug 2025 03:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114298

Actions (login required)

View Item View Item