Husna, Rika Amanda (2025) Penerapan strategi Thinking Maps untuk meningkatkan kemampuan spasial dan Self Esteem matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_bebasplagiasi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (629kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan spasial dan self esteem matematis merupakan dua aspek penting yang mendukung keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika Strategi Thinking Maps hadir sebagai alternatif pembelajaran untuk merepresentasikan konsep matematika secara visual, sekaligus membangun harga diri mereka. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Subjek terdiri dari dua kelas yang diberi perlakuan berbeda: kelas eksperimen menggunakan strategi Thinking Maps dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setiap kelasnya tediri dari 20 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan spasial dan angket self-esteem matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) bagaimana keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan strategi Thinking Maps, (b) apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan spasial antara siswa yang belajar dengan Thinking Maps dan pembelajaran konvensional, (c) apakah terdapat perbedaan pencapaian kemampuan spasial antar kedua kelas, dan (d) apakah terdapat perbedaan peningkatan self esteem matematis antara kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) keterlaksanaan pembelajaran dengan strategi Thinking Maps berada pada kategori sangat baik, (b) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan spasial antara siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (c) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan spasial matematis antara kedua kelas, serta (d) terdapat perbedaan peningkatan self esteem matematis antara kedua kelas. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi Thinking Maps efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan spasial dan self-esteem matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Thinking Maps, Spasial Matematis, Self Esteem |
Subjects: | Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rika Amanda Husna |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:23 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |