Vitaloka, Chika (2025) Penerapan alogritma Flower Pollination berbasis teori chaos dan frog leaping untuk penyelesaian masalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (805kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (811kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) | Request a copy |
Abstract
Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan tantangan optimasi yang kompleks dalam bidang logistik dan distribusi, dengan tujuan utama menentukan rute pengiriman total jarak minimum tanpa melebihi kapasitas kendaraan. Penelitian ini mengusulkan pendekatan hybrid dengan memodifikasi Flower Pollination Algorithm (FPA) melalui integrasi teori chaos dan Frog Leaping Algorithm} (FLA), membentuk algoritma baru yang disebut Modified Flower Pollination Algorithm (MFPA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas solusi dan kestabilan algoritma FPA dalam menyelesaikan permasalahan CVRP, melalui kombinasi mekanisme diversifikasi dan intensifikasi pencarian solusi yang lebih efektif. Teori chaos diterapkan pada tahap inisialisasi menggunakan circle map untuk menghasilkan populasi awal yang lebih beragam, sementara FLA digunakan dalam proses local pollination untuk meningkatkan kemampuan eksploitasi solusi. Selain itu, bobot inersia ditambahkan untuk menjaga keseimbangan antara eksplorasi dan eksploitasi selama proses iterasi. Eksperimen dilakukan pada beberapa dataset benchmark dari CVRPLIB. Hasil simulasi menunjukkan bahwa MFPA mampu menghasilkan solusi yang lebih baik dan lebih stabil dibandingkan FPA standar, dengan rata-rata nilai gap sebesar 10,13%, menurun signifikan dibandingkan gap rata-rata FPA standar sebesar 37,03%, meskipun memerlukan waktu komputasi yang sedikit lebih lama. Secara keseluruhan, pendekatan ini efektif dalam menyelesaikan CVRP dan memiliki potensi untuk diterapkan dalam sistem distribusi logistik di dunia nyata.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Capacitated Vehicle Routing Problem; Flower Pollination Algorithm; Teori Chaos; Frog Leaping Algorithm; Metaheuristik; |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Mathematics > General Publications of Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics Mathematics > Mathematicians |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika |
Depositing User: | Chika Vitaloka |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:06 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |