Penerapan alogritma Flower Pollination berbasis teori chaos dan frog leaping untuk penyelesaian masalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP)

Vitaloka, Chika (2025) Penerapan alogritma Flower Pollination berbasis teori chaos dan frog leaping untuk penyelesaian masalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB) | Request a copy

Abstract

Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan tantangan optimasi yang kompleks dalam bidang logistik dan distribusi, dengan tujuan utama menentukan rute pengiriman total jarak minimum tanpa melebihi kapasitas kendaraan. Penelitian ini mengusulkan pendekatan hybrid dengan memodifikasi Flower Pollination Algorithm (FPA) melalui integrasi teori chaos dan Frog Leaping Algorithm} (FLA), membentuk algoritma baru yang disebut Modified Flower Pollination Algorithm (MFPA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas solusi dan kestabilan algoritma FPA dalam menyelesaikan permasalahan CVRP, melalui kombinasi mekanisme diversifikasi dan intensifikasi pencarian solusi yang lebih efektif. Teori chaos diterapkan pada tahap inisialisasi menggunakan circle map untuk menghasilkan populasi awal yang lebih beragam, sementara FLA digunakan dalam proses local pollination untuk meningkatkan kemampuan eksploitasi solusi. Selain itu, bobot inersia ditambahkan untuk menjaga keseimbangan antara eksplorasi dan eksploitasi selama proses iterasi. Eksperimen dilakukan pada beberapa dataset benchmark dari CVRPLIB. Hasil simulasi menunjukkan bahwa MFPA mampu menghasilkan solusi yang lebih baik dan lebih stabil dibandingkan FPA standar, dengan rata-rata nilai gap sebesar 10,13%, menurun signifikan dibandingkan gap rata-rata FPA standar sebesar 37,03%, meskipun memerlukan waktu komputasi yang sedikit lebih lama. Secara keseluruhan, pendekatan ini efektif dalam menyelesaikan CVRP dan memiliki potensi untuk diterapkan dalam sistem distribusi logistik di dunia nyata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capacitated Vehicle Routing Problem; Flower Pollination Algorithm; Teori Chaos; Frog Leaping Algorithm; Metaheuristik;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > General Publications of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Chika Vitaloka
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:06
Last Modified: 07 Aug 2025 04:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114346

Actions (login required)

View Item View Item