Firmansyah, Daffa Alif (2025) Pendidikan akhlak melalui pembiasaan tadarus Al- Qur’an di SMP Triyasa: Studi deskriptip di SMP Triyasa Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (373kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (975kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena degradasi moral di kalangan remaja yang menuntut adanya pendekatan pendidikan karakter yang efektif dan berakar pada nilai-nilai spiritual. Sekolah sebagai institusi pendidikan formal memiliki peran strategis dalam membentuk akhlak siswa. Program pembiasaan tadarus Al-Qur’an di SMP Triyasa, Kota Bandung, menjadi sebuah model intervensi yang menarik untuk dikaji, karena diyakini mampu menjadi medium internalisasi nilai-nilai luhur Islam secara berkelanjutan, tidak hanya sebagai ritual, tetapi sebagai fondasi pembentukan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam mengenai proses pendidikan akhlak melalui pembiasaan tadarus Al-Qur’an di SMP Triyasa. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) materi, (2) implementasi, dan (3) evaluasi program pembiasaan tadarus Al-Qur’an dalam perannya membentuk akhlak siswa, serta menganalisis hasil nyata dari implementasi tersebut terhadap perilaku siswa sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Kerangka berpikir penelitian ini bertumpu pada grand theory pendidikan jiwa dari Imam Al-Ghazali dan teori pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih, yang memandang akhlak sebagai hasil dari proses pembiasaan dan latihan jiwa (riyadhah). Proses ini diyakini dapat mentransformasikan pengetahuan ('ilm) menjadi keadaan batin (hal) dan termanifestasi dalam perbuatan ('amal), yang secara sinergis membentuk karakter mulia. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara mendalam dengan kepala sekolah,guru PAI, dan para siswa, observasi partisipatif terhadap kegiatan tadarus, serta studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi, untuk memastikan validitas dan kedalaman temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembiasaan tadarus Al-Qur’an di SMP Triyasa diimplementasikan secara sistematis melalui perencanaan materi yang relevan, pelaksanaan yang konsisten setiap pagi, dan evaluasi berkelanjutan. Program ini terbukti berhasil membentuk akhlak siswa yang meliputi peningkatan disiplin, kesabaran, tanggung jawab, serta tumbuhnya rasa hormat dan empati sosial. Perubahan positif ini merupakan manifestasi dari internalisasi nilai-nilai Al-Qur’an yang secara efektif membentuk kesadaran spiritual, personal, dan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak; Pembiasaan; Tadarus Al-Qur’an. |
Subjects: | Education, Research Education > Psychology of Education Education > Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FIRMANSYAH DAFFA ALIF |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:21 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 00:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |