Azhara, Naufal Puri (2025) Hubungan manajemen kurikulum merdeka dengan karakter religius peserta didik: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (499kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Manajemen kurikulum merdeka pada pelaksanaannya masih terdapat kendala oleh adanya keterbatasan sarana dan minimnya pelatihan bagi guru. Kondisi ini berdampak pada kurang optimalnya integrasi nilai-nilai religius dalam kegiatan pembelajaran. Padahal, dengan adanya manajemen kurikulum yang baik akan sangat berpotensi dalam menumbuhkan dan memperkuat karakter religius peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) mengungkap skor manajemen kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung, (2) mengungkap skor karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung, (3) menunjukkan skor hubungan manajemen kurikulum merdeka dengan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada 81 responden. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi uji coba instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis statistik deskriptif (analisis parsial perindikator dan interpretasi data), uji asumsi klasik (normalitas dan linearitas), uji hipotesis (uji korelasi dan uji koefisien determinasi) yang diolah menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum merdeka berada pada kategori ”cukup” dengan nilai rata-rata 2,70. Sedangkan karakter religius peserta didik juga berada pada kategori ”cukup” dengan nilai rata-rata 3,02. Hasil uji korelasi menghasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,752 yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan positif antara manajemen kurikulum merdeka dengan karakter religius peserta didik. Sementara itu, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,565 menunjukkan bahwa manajemen kurikulum merdeka memberikan kontribusi sebesar 56,5% terhadap karakter religius peserta didik, sementara 43,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum Merdeka; Karakter Religius; Peserta Didik; |
Subjects: | Religious Experiences General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Naufal Puri Azhara |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:57 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |