Implementasi lembar kerja berbasis proyek melalui pembuatan permen Jelly Rendah Gula

Meisya Shantya, Audila (2025) Implementasi lembar kerja berbasis proyek melalui pembuatan permen Jelly Rendah Gula. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 5 (2). pp. 129-141. ISSN 2798-5636

[img] Text
Meisya Shantya Audila_1212080068_Artikel.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
Official URL: https://journal.uniga.ac.id/index.php/jkpi/article...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan keterlaksanaan lembar kerja berbasis proyek melalui kegiatan pembuatan permen jelly rendah gula pada mata kuliah Kimia Aditif dan Adiktif. Model pembelajaran berbasis proyek digunakan untuk mendorong keterlibatan aktif mahasiswa, mendukung pemahaman konsep bahan tambahan pangan, serta mengaitkan pembelajaran dengan isu kesehatan sehari-hari. Penelitian dilakukan pada 30 mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kimia dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas, penilaian lembar kerja, poster, dan presentasi. Seluruh instrumen divalidasi oleh tiga dosen ahli melalui penilaian aspek penyajian, konstruk, isi, dan pertanyaan, dengan rata-rata kelayakan 89% yang menunjukkan bahwa instrumen sangat layak digunakan. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor menggunakan rumus persentase, lalu diinterpretasikan ke dalam kategori penilaian tertentu. Hasil menunjukkan rata-rata nilai aktivitas mahasiswa sebesar 89, lembar kerja 89, poster 97, dan presentasi 88. Setiap tahapan pembelajaran dijalankan secara sistematis dan menunjukkan keterlibatan aktif mahasiswa, dari analisis masalah hingga publikasi hasil. Produk akhir berupa permen jelly menunjukkan mutu yang baik berdasarkan tekstur, kadar gula, dan daya terima. Seluruh aspek pembelajaran berada dalam interpretasi sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa lembar kerja berbasis proyek dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang mendukung keterlibatan mahasiswa dalam memahami konsep, menerapkan praktikum, dan menyampaikan hasil ilmiah secara komunikatif dalam proses belajar kimia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek; Lembar Kerja; Permen Jelly
Subjects: Education
Analytical Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Meisya meisya Shantya
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:28
Last Modified: 08 Aug 2025 02:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114427

Actions (login required)

View Item View Item