Penerapan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan kombucha untuk mengembangkan kinerja ilmiah siswa

Nurani, Intan Jati (2025) Penerapan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan kombucha untuk mengembangkan kinerja ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 10 (2). pp. 131-144. ISSN 2721-5164

[img]
Preview
Text
Intan Jati Nurani_1212080049_JPK UNRI.pdf

Download (564kB) | Preview
Official URL: https://jpkur.ejournal.unri.ac.id/index.php/jpkur

Abstract

INDONESIA: Pendidikan abad ke-21 menuntut pendekatan pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan ilmiah siswa secara kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa serta menganalisis pengembangan kinerja ilmiah siswa melalui penerapan lembar kerja berbasis proyek dalam kegiatan pembuatan kombucha. Metode yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one-shot case study. Subjek penelitian terdiri atas 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan lembar kerja berbasis proyek terlaksana dengan sangat baik, dibuktikan melalui hasil observasi sebesar 91. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja berbasis proyek berada pada kategori sangat baik, dengan rata-rata nilai 89. Kinerja ilmiah siswa juga menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan nilai rata-rata mencapai 100. Temuan ini menunjukkan penggunaan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan kombucha efektif dalam mengembangkan kinerja ilmiah siswa. Oleh karena itu, lembar kerja berbasis proyek dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dalam mengembangkan keterampilan ilmiah siswa di era pembelajaran abad ke-21. ENGLISH: 21st century education demands a learning approach that is able to develop students' scientific skills contextually and applicatively. This study aims to describe student activities and analyze the development of students' scientific performance through the application of project-based worksheets in kombucha making activities. The method used is pre-experimental with a one-shot case study design. The research subjects consisted of 35 students. The results of the study showed that the implementation of project-based worksheets was carried out very well, as evidenced by the observation results of 91. Students' ability to complete project-based worksheets is in the very good category, with an average score of 89. The students' scientific performance also showed excellent results, with an average score of 100. These findings suggest the use of project-based worksheets on kombucha making is effective in developing students' scientific performance. Therefore, project-based worksheets can be used as an alternative to innovative learning strategies in developing students' scientific skills in the 21st century learning era.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja ; Kombucha; kinerja ilmiah ; lembar kerja berbasis proyek
Subjects: Education, Research
Education and Research of Literatures
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Intan Jati Nurani
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:17
Last Modified: 11 Aug 2025 03:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114562

Actions (login required)

View Item View Item