Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran fiqih materi pinjam meminjam dan utang piutang: penelitian tindakan kelas di kelas IX Mts dipatiukur ciparay

firmansyah, ihsan (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran fiqih materi pinjam meminjam dan utang piutang: penelitian tindakan kelas di kelas IX Mts dipatiukur ciparay. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilandasi masih banyaknya siswa kelas IX MTs Dipatiukur Ciparay yang masih belum mampu secara optimal menguasai atau memahami konsep konsep yang disampaikan pengajar dan mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dikarenakan proses kegiatan belajar mengajar yang monoton, sehingga tidak mencapai standar nilai rata-rata atau nilai di bawah rata-rata kriteria ketuntasan minimal (KKM), yang mana nilai rata-rata kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 60. Penelitian ini bertujuan untuk ;1) Mengetahui penguasaan konsep siswa kelas IX MTs Dipatiukur Majalaya pada mata pelajaran Fikih materi pinjam meminjam dan utang piutang sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check, 2) Mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada mata pelajaran PAI tema Fiqih materi pinjam meminjam dan utang piutang di kelas IX MTs Dipatiukur Ciaparay, 3) Mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa kelas IX MTs Dipatiukur Ciparay pada Fiqih materi pinjam meminjam dan utang piutang sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada setiap siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan sehingga target penelitian tercapai, kriteria keberhasilan pada penelitian ini 80% dari seluruh siswa kelas IX MTs Dipatiukur Ciparay. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa sebelum digunakannya model Pair Check pada mata pelajaran Fikih materi pinjam meminjam dan utang piutang berada pada kategori rendah berdasarkan nilai rata-rata sebesar 63,19 dengan presentase 36,1%. Pada siklus I rata-rata presentase aktivitas guru sebesar 56,25% sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,33%. Pada siklus II aktivitas guru sebesar 81,25% dan aktivitas siswa siklus II sebesar 87%, dan aktivitas guru pada siklus III rata-rata 93,75%, dan aktivitas siswa pada siklus III rata-rata 93,33%. Penguasaan konsep siswa setelah menggunakan model Pair Check pada mata pelajaran Fikih materi pinjam meminjam dan utang piutang di kelas IX MTs Dipatiukur Ciparay pada setiap siklusnya mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata presentase 44,44%, siiklus II rata-rata presentase 69,40%, pada siklus III rata-rata presentase 91,70% dan secara klasikal dapat dikatakan tuntas artinya semua materi yang diprogramkan selesai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pair check
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ihsan firmansyah ihsan
Date Deposited: 19 Jul 2018 06:05
Last Modified: 19 Jul 2018 06:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11457

Actions (login required)

View Item View Item