Pengaruh mobile service quality pada aplikasi SI JUARA terhadap kepuasan pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Nur'aeni, Siti (2025) Pengaruh mobile service quality pada aplikasi SI JUARA terhadap kepuasan pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN BEBAS PLAGIASI)
3_skbebasplagiasi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SI JUARA merupakan aplikasi milik Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat yang dapat dipergunakan oleh masyarakat Jawa Barat dalam menemukan lapangan pekerjaan baik dalam negeri maupun luar negeri. Berdasarkan penilaian masyarakat terdapat beberapa pengguna yang mengeluhkan server error serta verifikasi akun yang lama sehingga mereka takut bahwa lowongan pekerjaan yang disediakan sudah terisi penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobile service quality pada aplikasi SI JUARA terhadap kepuasan pencari kerja. Penelitian ini menggunakan teori mobile service quality oleh (Chae et al., 2010) yang mencakup empat aspek yaitu connection quality, content quality, interaction quality dan contextual quality sebagai variabel X serta teori kepuasan pengguna oleh (Tjiptono, 2019) sebagai variabel Y. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. adapun olah data penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran angket, observasi, dan studi kepustakaan. Populasi penelitian yaitu pengguna aplikasi SI JUARA, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling perhitungan rumus slovin berjumlah 100 reponden. Data dianalisis melalui uji penelitian yaitu uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan Uji T dengan menggunakan softtware SPSS 27. Hasil analisis menunjukan bahwa mobile service quality pada aplikasi SI JUARA berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat. Dibuktikan berdasarkan hasil analisis uji t dengan perolehan hasil nilai signifikansi < 0,05 dengan t hitung 17,969 > t tabel 1,984. Adapun hasil perolehan nilai koefisien determinasi yaitu 0,767, dalam artian menunjukan bahwa pengaruh mobile service quality terhadap kepuasan sebesar 76,7%. Sedangkan kualitas koneksi memberikan pengaruh sebesar 46,4%, kualitas konten memberikan pengaruh sebesar 61,7%, kualitas interaksi memberikan pengaruh sebesar 45,2% serta kualitas kontekstual memberikan pengaruh sebesar 61,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan Mobile; SI JUARA; Kepuasan Layanan
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Siti Nur'aeni
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:05
Last Modified: 12 Aug 2025 08:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114571

Actions (login required)

View Item View Item