Syahdania, Ismadila (2025) Pemanfaatan ruang publik sebagai media interaksi sosial: Penelitian di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DISPUSIPDA) Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
Cover Skripsi Ismadila Syahdania.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pernyataan Bebas Plagiasi Ismadila Syahdania 1218030094 (2).pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (455kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ISMADILA SYAHDANIA (1218030094) 2025. Pemanfaatan Ruang Publik Sebagai Media Interaksi Sosial: (Penelitian di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DISPUSIPDA) Provinsi Jawa Barat). Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung. Masalah utama yang dikaji adalah bagaimana ruang publik, khususnya perpustakaan, dimanfaatkan sebagai media interaksi sosial oleh masyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh transformasi fungsi perpustakaan yang tidak lagi sekadar sebagai pusat informasi, tetapi juga sebagai tempat pertemuan sosial yang mendorong kohesi masyarakat. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk pemanfaatan ruang publik di DISPUSIPDA, mengidentifikasi keterlibatan masyarakat dalam kegiatan yang diselenggarakan, serta mengevaluasi dampak interaksi sosial yang terbentuk dari pemanfaatan ruang tersebut. Kerangka berpikir dalam penelitian ini menggunakan teori ruang publik dari Jürgen Habermas, yang menekankan pada pentingnya ruang yang inklusif, bebas status, dan memungkinkan diskusi rasional antarwarga. Perpustakaan sebagai institusi publik dianalisis sebagai representasi nyata dari arena diskursus yang demokratis dan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan pengunjung dan staf DISPUSIPDA, serta dokumentasi dan studi literatur. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, DISPUSIPDA tidak hanya menyediakan layanan literasi, tetapi juga menciptakan ruang yang kondusif untuk terjadinya interaksi sosial lintas usia, profesi, dan latar belakang. Kegiatan seperti diskusi kelompok, pelatihan komunitas, serta ruang santai informal menjadi medium terjadinya pertukaran ide dan pengalaman. Kedua, keterlibatan aktif masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa ruang publik ini berfungsi sebagai wadah partisipatif. Ketiga, Dampak yang dihasilkan meliputi peningkatan rasa kebersamaan, toleransi, dan integrasi sosial di kalangan pengunjung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ruang publik di DISPUSIPDA telah berhasil memenuhi fungsi idealnya sebagai media interaksi sosial yang inklusif, partisipatif, dan edukatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DISPUSIPDA; Interaksi Sosial; Perpustakaan; Ruang Publik; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Ismadila Syahdania |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:32 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |