Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin dan hasilnya pada prilaku sopan santun di Pondok Pesantren Bustanul Wildan : Penelitian di Pondok Pesantren Bustanul Wildan"

Nurjaman, Ahmad (2018) Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin dan hasilnya pada prilaku sopan santun di Pondok Pesantren Bustanul Wildan : Penelitian di Pondok Pesantren Bustanul Wildan". Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftar isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan terbagi menjadi tiga golongan, pertama pendidikan formal, kedua informal dan yang ketiga non formal. Salah satu pendidikan non formal adalah pendidikan yang dilakukan di Pondok Pesantren. Adapun disini peneliti membahas tentang proses pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin dan hasilnya yang dicapai di Pondok Pesantren Bustanul Wildan. Kitab ini menjelaskan tentang akhlak yang pantas untuk ditiru dan dihindari oleh santri. Penelitian ini dilakukan Untuk (1) mengetahui konstruk kitab Akhlak Lil Banin karya Syeikh Umar bin Achmad Bardja.(2)Untuk mengetahui proses pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin di Pondok Pesantren Bustanul Wildan.(3)Untuk mengetahui hasil yang dicapai dari pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin di Pondok Pesantren Bustanul Wildan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitiannya Kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitiannya penelitian lapangan, yang berlokasi di Pondok Pesantren Bustanul Wildan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah (I) Konstruk Kitab Akhlak Lil Banin yaitu terdiri dari 33 bab diantaranya: (1) Bagaimana akhlak yang harus dimiliki anak (2) Anak yang sopan (3) Anak yang tidak sopan (4) Anak harus bersikap sopan sejak kecilnya (5) Allah SWT (6) Anak yang jujur (7) Anak yang ta’at (8) Nabi Muhammad SAW (9) Sopan santun di dalam rumah (10) Abdullah di dalam rumahnya (11) Ibumu yang penyayang (12) Sopan santun anak terhadap ibunya (13) Shaleh dan ibunya (14) Ayahmu yang berbelas kasih (15) Sopan santun anak terhadap ayahnya (16) Kasih sayang ayah(17) Sopan santun anak terhadap saudara-saudaranya (18) Dua saudara yang saling mencintai (19) Sopan santun anak terhadap para kerabatnya (20) Musthafadan kerabatnya Yahya (21) Sopan santun anak terhadap pelayannya (22) Anak yang suka mengganggu (23) Sopan santun anak terhadap para tetangganya (24) Hamid dan para tetangganya (25) Sebelum pergi ke sekolah (26) Sopan santun dalam berjalan (27) Sopan santun murid (28) Bagaimana murid memelihara alat-alatnya (29) Bagaimana murid memelihara alat-alat sekolah (30) Sopan santun murid terhadap gurunya (31) Sopan santun murid terhadap teman-temannya (32) Nasehat-nasehat umum kesatu (33) Nasehat-nasehat umum kedua. (II) Ptoses Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin di Pondok Pesantren Bustanul Wildan ada beberapa tahapan , yang pertama adanya persiapan, kedua pelaksanaan, dalam pelaksanaan ini terdapat beberapa kegiatan (a) kegiatan awal, (b) kegiatan inti, dan (c) kegiatan akhir. Dan yang ketiga ialah evaluasi, dalam evaluasi. (III) Hasil yang dicapai dari proses pembelajaran kitab Akhlal Lil Banin yaitu (a) Kesopanan santri dengan santri yan lainnya. (b) Kesopanan antara santri dengan kiyainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran;Kitab Akhlak Lil Banin; Hasilnya pada prilaku sopan santun
Subjects: Islam
Etiquette, Manners
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Nurjaman
Date Deposited: 20 Jul 2018 09:08
Last Modified: 20 Jul 2018 09:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11466

Actions (login required)

View Item View Item