Studi komparatif pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus tentang konsep pendidikan Islam

Ramdan, Fahmi (2022) Studi komparatif pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus tentang konsep pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
surat pernyataan (12).pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia pada saat itu berada di bawah kolonialisme Belanda. Dunia pendidikan khususnya pendidikan Islam, berada pada titik terendah dan belum bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa. Hal itu terjadi akibat pola pikir umat Islam yang sempit dalam menginterprestasikan ayat-ayat Al-Qur’an, ditambah dengan adanya diskrimiasi kaum penjajah terhadap pendidikan Islam, sehingga yang terjadi adalah adanya dikotomi pendidikan Islam dan pendidikan umum. KH. Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus melakukan pembaharuan dalam pendidikan Islam. Berdasarkan uraian diatas, terdapat rumusan masalah sebagai berikut : pertama, bagaimana riwayat hidup KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus ? Kedua, Bagaimana pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus tentang konsep pendidikan islam ? ketiga, bagaiamana persamaan dan perbedaan pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus tentang Konsep Pendidikan Islam Tahun 1900-1981 ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui riwayat hidup KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus, mengetahui pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus tentang Konsep Pendidikan Islam dan mengetahui persamaan dan perbedaan pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus tentang konsep pendidikan Islam tahun 1900-1981. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian sejarah, dalam pelaksanaannya langkah-langkah yang dilakukan penelitian meliputi empat tahapan yaitu sebagai berikut : tahapan heuristik, tahapan kritik, tahapan interpretasi, dan tahapan historiografi. Dari hasil penelitian tersebut, penuilis dapatkan beberapa kesimpulan diantaranya adalah Pertama,bahwa KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus ini merupakan pembaharu dalam bidang pendidikan Islam di Indonesia, dan konsisten pemikirannya di dalam keislaman. Kedua, mengenai konsep pendidikkan Islam dari pemikiran kedua tokoh tersebut bahwa tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, dan metode pendidikan hal ini menjadi sangat penting dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia. Ketiga, pemikiran kedua tokoh ini memiliki kesamaan mengenai tujuan pendidikan yaitu untuk menggiatkan santri yang berakhlakul karimah, takwa kepada Allah SWT serta memiliki keterampilan untuk hidup, pendidikan itu harus memenuhi tuntunan duniawi dan ukhrowi moralitas dan akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemikiran; KH Abdul Wahid Hasyim; Mahmud Yunus; Konsep Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fahmi Ramdan
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:59
Last Modified: 12 Aug 2025 06:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114689

Actions (login required)

View Item View Item