Ramdan, Fahmi (2022) Studi komparatif pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus tentang konsep pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
surat pernyataan (12).pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (726kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (447kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Indonesia pada saat itu berada di bawah kolonialisme Belanda. Dunia pendidikan khususnya pendidikan Islam, berada pada titik terendah dan belum bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa. Hal itu terjadi akibat pola pikir umat Islam yang sempit dalam menginterprestasikan ayat-ayat Al-Qur’an, ditambah dengan adanya diskrimiasi kaum penjajah terhadap pendidikan Islam, sehingga yang terjadi adalah adanya dikotomi pendidikan Islam dan pendidikan umum. KH. Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus melakukan pembaharuan dalam pendidikan Islam. Berdasarkan uraian diatas, terdapat rumusan masalah sebagai berikut : pertama, bagaimana riwayat hidup KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus ? Kedua, Bagaimana pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus tentang konsep pendidikan islam ? ketiga, bagaiamana persamaan dan perbedaan pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus tentang Konsep Pendidikan Islam Tahun 1900-1981 ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui riwayat hidup KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus, mengetahui pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus tentang Konsep Pendidikan Islam dan mengetahui persamaan dan perbedaan pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus tentang konsep pendidikan Islam tahun 1900-1981. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian sejarah, dalam pelaksanaannya langkah-langkah yang dilakukan penelitian meliputi empat tahapan yaitu sebagai berikut : tahapan heuristik, tahapan kritik, tahapan interpretasi, dan tahapan historiografi. Dari hasil penelitian tersebut, penuilis dapatkan beberapa kesimpulan diantaranya adalah Pertama,bahwa KH. Abdul Wahid Hasyim dan Mahmud Yunus ini merupakan pembaharu dalam bidang pendidikan Islam di Indonesia, dan konsisten pemikirannya di dalam keislaman. Kedua, mengenai konsep pendidikkan Islam dari pemikiran kedua tokoh tersebut bahwa tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, dan metode pendidikan hal ini menjadi sangat penting dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia. Ketiga, pemikiran kedua tokoh ini memiliki kesamaan mengenai tujuan pendidikan yaitu untuk menggiatkan santri yang berakhlakul karimah, takwa kepada Allah SWT serta memiliki keterampilan untuk hidup, pendidikan itu harus memenuhi tuntunan duniawi dan ukhrowi moralitas dan akhlak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemikiran; KH Abdul Wahid Hasyim; Mahmud Yunus; Konsep Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Fahmi Ramdan |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:59 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |