Rahayu, Amira (2025) Kebijakan Menteri Pendidikan Mashuri Saleh Terhadap Pendidikan Indonesia (1968-197Kebijakan Menteri Pendidikan Mashuri Saleh terhadap pendidikan Indonesia (1968-1973)3). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pernyataan karya sendiri (1).pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_datarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek fundamental dalam pembangunan sebuah Bangsa. Di Indonesia, perjalanan sistem pendidikan Nasional telah mengalami berbagai dinamika dan transformasi sejak masa kemerdekaan. Pada masa awal Orde Baru yang menjadi saksi dari berbagai perubahan signifikan dalam kebijakan pendidikan nasional yang banyak dipengaruhi oleh kondisi historis pada masa transisi orde lama ke orde baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang biografi Mashuri Saleh dan Keadaan Pendidikan Sebelum masa Orde Baru (1945-1966) serta kebijakan pendidikan yang diterapkan oleh Mashuri Saleh selama menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1968-1973. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, dengan melakukan beberapa tahapan. Tahap pertama heuristik yaitu tahap pengumpulan data yang dilakukan melalui tahapan kepustakaan dan beberapa dokumentasi yang didapatkan ketika di lapangan, tahap kedua yaitu kritik merupakan proses melakukan uji validitas, tahap ketiga yaitu interpretasi atau penafsiran dengan menganalisis dan menggali informasi menggunakan teori politik dan kebijakan publik yang digagas oleh David Easton serta teori the great man yang digagas oleh Thomas Carlyle, tahap terakhir yaitu historiografi mencakup metode penulisan, penyajian, atau pelaporan hasil penelitian sejarah yang telah selesai. Adapun hasil Dalam penelitian ini menunjukan bahwa Kebijakan pendidikan Mashuri Saleh (1968-1973) dilandasi oleh konteks transisi Orde Baru yang memprioritaskan stabilitas dan pembangunan, serta warisan masalah pendidikan seperti ketimpangan mutu dan akses, kurikulum usang, dan ledakan penduduk. Menghadapi tantangan ini, Mashuri menerapkan pendekatan analisa sistem, mengintegrasikan pendidikan dengan Repelita I, dan terbuka pada pengaruh global. Lima landasan kebijaksanaannya menekankan pendidikan berwawasan luas, terintegrasi dengan pembangunan nasional, komprehensif, dikelola secara integral, serta memperhatikan aspek kualitatif dan kuantitatif. Upaya ini bertujuan mendepolitisasi pendidikan dan menjadikannya sarana pencerdasan bangsa yang relevan dengan kebutuhan zaman, didukung oleh lembaga seperti Badan Pengembangan Pendidikan (BPP) untuk riset dan pengembangan kebijakan berbasis data.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah Pendidikan; Kebijakan Pendidikan; Pendidikan Orde Baru; |
Subjects: | Political dan Government Science > Structure and Functions of Government Public Policy Issues in Education > Public Policy Education in Specific Localities Biography, Obituary > Education and Research of Biography |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Amira Rahayu Rahayu |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:24 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 02:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |