Awalinda, Resti (2025) Penerapan Hands on Mathematics berbantuan e-LKPD untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Hands-On Mathematics mendorong siswa belajar melalui pengalaman nyata yang sangat membantu memahami konsep matematika abstrak secara mendalam. Namun sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep tersebut. Penelitian bertujuan untuk menaganalisis kemampuan pemahaman matematika siswa melalui pembelajaran Hands-On Mathematics berdasarkan gender (laki-laki dan perempuan). Metode penelitian quasi eksperimen melibatkan tiga kelas, terdiri dari kelas VII-C sebagai kelas eksperimen I dengan pembelajaran hands on mathematics di dukung E-LKPD, kelas VII-E sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran hands on mathematics, dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen tes kemampuan pemahaman matematika, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran hands on mathematics berbantuan e-LKPD dan siswa dengan pembelajaran hands on mathematics lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional; (b) pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa perempuan pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol menduduki posisi lebih baik dari pada siswa laki-laki; (c) tidak adanya perbedaan peningkatan disposisi matematis siswa pada kedua kelas eksperimen, dan respon siswa terhadap pembelajaran di kelas eksperimen menunjukkan respon yang positif. Pembelajaran Hands-On Mathematics memfasilitasi pendidik dan siswa dalam mengkonstruk konsep abstrak melalui media, mengadaftasikan masalah non rutin, dan juga menunjukan aktivitas belajar siswa yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hands on mathematics; e-LKPD,pemahaman konsep; disposisi matematis |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | resti awalinda |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 08:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 08:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |