Hasna, Nabilah (2025) Hubangan mujahadah dengan persistensi belajar siswa: Studi korelasional pada siswa di SMK Al-Husna Cisalak Subang. Sarjana thesis, UIN sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
3_Keterangan bebas plagiarism.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
4_Daftar Isi.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB 1.pdf Download (734kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mujahadah dan persistensi belajar siswa di SMK Al-Husna Cisalak Subang. Latar belakang dari penelitian ini berangkat dari kenyataan bahwa dalam proses menuntut ilmu, tantangan seperti rasa bosan, malas, dan acuh sering kali muncul. Oleh karena itu, diperlukan sikap bersungguh-sungguh atau mujahadah agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Mujahadah dalam konteks ini diartikan sebagai kesungguhan dan pengorbanan dalam menjalani proses belajar, termasuk melawan hawa nafsu dan godaan yang menghambat pembelajaran. Sementara itu, persistensi belajar adalah ketekunan dan konsistensi siswa dalam menghadapi tantangan akademik untuk mencapai tujuan belajar. Kedua konsep ini saling berkaitan dalam membentuk kepribadian belajar yang kuat dan berkesinambungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 92 siswa, dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total. Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner, dan teknik analisis data meliputi uji asumsi (normalitas dan linearitas) serta uji korelasi Pearson dengan bantuan software IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat mujahadah siswa tergolong tinggi (68,5%), dan tingkat persistensi belajar juga tinggi (82,6%). Terdapat hubungan yang signifikan antara mujahadah dan persistensi belajar dengan nilai signifikansi p = 0,021 dan nilai korelasi r = 0,214. Artinya, terdapat hubungan positif namun lemah karena adanya pengaruh oleh beberapa faktor yaitu faktor internal, dan faktor eksternal atau beberapa siswa lain terputus pada fase tertentu yang disebut sebagai attrion. Persistensi belajar selain di pengaruhi oleh faktor motivasi pada intern, dipengaruhi juga oleh faktor lain, yaitu sifat bawaan (traits), gender, tipe atribusi dan faktor feedback antara mujahadah dan persistensi belajar siswa di SMK Al-Husna Cisalak Subang; semakin tinggi mujahadah, maka semakin tinggi pula persistensi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mujahadah; siswa; persistensi belajar |
Subjects: | Islam Islam > Sufi Orders |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Nabilah Hasna |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:13 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |