Fatiha, Zakiyah Siti (2025) Aktivitas Siswa pada Kegiatan CLUB PAI hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian korelasi di SMP Plus Al-Aqsha Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftar isi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab 1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena di SMP Plus Al-Aqsha Jatinangor Kabupaten Sumedang, dimana meskipun kegiatan Club PAI sebagai program ekstrakurikuler keagamaan telah aktif dilaksanakan dan diikuti oleh sebagian besar siswa, namun kenyataannya masih terdapat siswa yang hasil belajar kognitifnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah terdapat hubungan antara aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan Club PAI dengan hasil belajar kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan Club PAI, (2) Hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dan (3) Hubungan antara aktivitas siswa pada kegiatan Club PAI dengan hasil belajar kognitif mereka. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa keterlibatan siswa dalam kegiatan Club PAI memberikan pengaruh positif, salah satunya terhadap pencapaian hasil belajar mereka. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tingkat aktivitas siswa mengikuti Club PAI semakin besar juga hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan melakukan analisis parsial dan uji korelasi Product Moment menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel X termasuk dalam kategori cukup dengan skor rata-rata 3,30. (2) Variabel Y termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai 72,63. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan Club PAI dengan hasil belajar kognitif mereka, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,964 yang berada pada rentang skala 0,80 - 1,00. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 27,487 > t tabel 1,671 serta f hitung sebesar 755,512 > f tabel 4,0001 sehingga Ha diterima baik secara persial maupun simultan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,929 menunjukkan bahwa kontribusi aktivitas siswa dalam Club PAI terhadap hasil belajar kognitif mencapai 92,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Siswa; Club PAI, Hasil Belajar Cognitif; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zakiah Fatiha Zakiah Fatiha |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:43 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |