Aktivitas belajar siswa menggunakan metode Yanbu'a hubungannya dengan kemampuan membaca Al-quran Siswa : Penelitian Korelasional pada kelas IX Mts PPTQ Assalaam Bandung

Rahman, Anwar Saeful (2025) Aktivitas belajar siswa menggunakan metode Yanbu'a hubungannya dengan kemampuan membaca Al-quran Siswa : Penelitian Korelasional pada kelas IX Mts PPTQ Assalaam Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MTs PPTQ Assalaam Bandung terdapat sebuah metode Yanbu’a yang diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman siswa tentang agama Islam serta cinta Al-Qur’an sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt, berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini : 1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa menggunakan metode Yanbu’a di kelas IX MTs PPTQ Assalaam Bandung. 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas IX MTs PPTQ Assalaam Bandung. 3) Untuk mengetahui Hubungan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Metode Yanbu’a pada Pembelajaran Al-Qur’an dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa IX MTs PPTQ Assalaam Bandung. Aktivitas siswa memegang peranan penting untuk mencapai keberhasilan dalam belajar Selain itu kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an perlahan akan semakin baik karena aktivitas siswa menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi antara aktivitas belajar siswa menggunakan metode Yanbu’a dengan kemampuan membaca Al-Qur’an Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas IX MTs PPTQ Assalaam Bandung berjumlah 51 orang. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu; observasi, angket, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; Analisis deskriptif, uji normalitas, uji regresi, analisis korelasional, uji t (hipotesis) dan uji pengaruh antara variabel X dengan Y. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Realitas aktivitas belajar menggunakan metode Yanbu’a siswa berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,90 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Realitas kemampuan membaca Al-Qur’an siswa berkategori baik dengan nilai rata-rata 64,67 yang berada pada interval 60-79. 3) Realitas hubungan aktivitas belajar siswa menggunakan metode Yanbu’a dengan kemampuan membaca Al-Qur’an berkategori cukup dengan koefisien korelasi sebesar 0,45 yang berada pada interval 0,40– 0,60. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 20,5%. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) 0,001. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima yang artinya terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X (Aktivitas Belajar Siswa) dan variabel Y (Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Metode Yanbu’a
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anwar Anwar Saeful PAI
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:23
Last Modified: 14 Aug 2025 01:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114905

Actions (login required)

View Item View Item