Rahman, Anwar Saeful (2025) Aktivitas belajar siswa menggunakan metode Yanbu'a hubungannya dengan kemampuan membaca Al-quran Siswa : Penelitian Korelasional pada kelas IX Mts PPTQ Assalaam Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (368kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MTs PPTQ Assalaam Bandung terdapat sebuah metode Yanbu’a yang diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman siswa tentang agama Islam serta cinta Al-Qur’an sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt, berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini : 1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa menggunakan metode Yanbu’a di kelas IX MTs PPTQ Assalaam Bandung. 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas IX MTs PPTQ Assalaam Bandung. 3) Untuk mengetahui Hubungan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Metode Yanbu’a pada Pembelajaran Al-Qur’an dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa IX MTs PPTQ Assalaam Bandung. Aktivitas siswa memegang peranan penting untuk mencapai keberhasilan dalam belajar Selain itu kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an perlahan akan semakin baik karena aktivitas siswa menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi antara aktivitas belajar siswa menggunakan metode Yanbu’a dengan kemampuan membaca Al-Qur’an Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas IX MTs PPTQ Assalaam Bandung berjumlah 51 orang. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu; observasi, angket, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; Analisis deskriptif, uji normalitas, uji regresi, analisis korelasional, uji t (hipotesis) dan uji pengaruh antara variabel X dengan Y. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Realitas aktivitas belajar menggunakan metode Yanbu’a siswa berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,90 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Realitas kemampuan membaca Al-Qur’an siswa berkategori baik dengan nilai rata-rata 64,67 yang berada pada interval 60-79. 3) Realitas hubungan aktivitas belajar siswa menggunakan metode Yanbu’a dengan kemampuan membaca Al-Qur’an berkategori cukup dengan koefisien korelasi sebesar 0,45 yang berada pada interval 0,40– 0,60. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 20,5%. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) 0,001. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima yang artinya terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X (Aktivitas Belajar Siswa) dan variabel Y (Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Metode Yanbu’a |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anwar Anwar Saeful PAI |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:23 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 01:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |