Penerapan metode Jigsaw Berbasis film untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen di Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Ladina, Resta Desty (2025) Penerapan metode Jigsaw Berbasis film untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen di Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung, proses pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah dan penggunaan media yang terbatas, seperti aplikasi WhatsApp dan buku paket, sehingga kurang bervariasi. Dampaknya, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan, yang terlihat dari hasil ulangan harian dengan nilai rata-rata 70, di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 80. Untuk itu, peneliti menggunakan metode pembelajaran Jigsaw berbasis film yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan metode Jigsaw berbasis film dalam meningkatkan keterlibatan aktif siswa di kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapakn metode Jigsaw berbasis film di kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Metode merupakan suatu cara atau pendekatan yang digunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan yang telah direncanakan dan disusun secara sistematis agar dapat mencapai tujuan secara optimal. Dari beberapa mtode pembelajaran, peneliti tertarik untuk menggunakan metode Jigsaw. Metode ini diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena mendorong pembelajaran aktif, kolaboratif, dan bertanggung jawab, serta sangat relevan dengan tuntutan abad ke-21. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode Jigsaw berbantu media Audiovisual berbasis film pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Alat pengumpulan data yang diguanakn yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitan kelas X. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data pretest dan postes, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Jigsaw dalam proses pembelajaran berlangsung dengan sangat baik, yang ditunjukkan melalui hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan perolehan skor rata-rata sebesar 86,45%, yang berarti sebagian besar aspek dalam indikator keterlaksanaan metode telah tercapai secara optimal. 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode Jigsaw hanya berada pada kategori rendah, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,187. Meskipun peningkatan tersebut tergolong rendah secara kuantitatif, tetapi berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji T, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari batas kritis 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya metode Jigsaw, yang mengindikasikan bahwa metode ini tetap memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa secara statistik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw; Film; Hasil Belajar
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Resta Desty Ladina
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:37
Last Modified: 13 Aug 2025 07:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114906

Actions (login required)

View Item View Item