Penggunaan Metode pembelajaran time token berbasis media smart card terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperiment pada siswa kelas VII SMP Plus Bandung Timur

Chaerunisa, Arsila (2025) Penggunaan Metode pembelajaran time token berbasis media smart card terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperiment pada siswa kelas VII SMP Plus Bandung Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di SMP Plus Bandung Timur terdapat metode unggulan yang biasa digunakan yaitu metode PBL, metode tersebut sudah dilaksanakan bertahun-tahun di setiap pembelajaran dan hasilnya maksimal, peneliti ingin memberikan sebuah permacaman terhadap metode PBL di sekolah tersebut, tentunya metode yang setara dan sebanding dengan metode tersebut salah satunya adalah metode pembelajaran time token berbasis media smart card yang menggabungkan interaksi langsung dengan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran melalui pengelolaan giliran berbicara secara adil dan terstruktur. Dengan adanya token yang dikemas dalam bentuk smart card, setiap siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyampaikan pendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan selama proses belajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) penggunaan metode pembelajaran time token berbasis media smart card pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VII 2) minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. 3) pengaruh metode pembelajaran time token berbasis media smart card terhadap minat belajar siswa di kelas VII. Penelitian ini merujuk pada teori yang mengatakan bahwa metode pembelajaran time token berbasis media smart card merupakan metode pembelajaran interaktif yang dirancang untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar. Konsep dasar dari metode ini adalah memberikan setiap siswa "token waktu" yang dapat digunakan untuk berbagi pendapat atau bertanya selama di kelas. Dengan mengintegrasikan media smart card, metode ini diperkirakan dapat memberikan efek yang lebih signifikan terhadap keterlibatan dan minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon dan mann whitney serta uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen hasil rata-rata pretest sebesar 68,60 dan postest sebesar 84,85. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 61,42 dan postest 74,74. Namun dapat terlihat bahwa pada peningkatannya lebih kecil dibanding kelas eksperimen. Dalam hasil uji Mann-Whitney, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001. Antara hasil postest kelas eksperimen dan kontrol. Hasil N-Gain menunjukkan bahwa nilai sebesar 0,5154. Berdasarkan kriteria interpretasi N-Gain, nilai tersebut menunjukkan bahwa peningkatan minat belajar siswa berada dalam kategori sedang dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Minat Belajar; Time Token
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arsila Chaerunisa
Date Deposited: 14 Aug 2025 02:28
Last Modified: 14 Aug 2025 02:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114992

Actions (login required)

View Item View Item