Pengaruh pembelajaran ekosistem melalui pendekatan Differentation Learning berbantu flipbook terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP

Noviyanti, Dede Fanisa Nur Pauzatun (2025) Pengaruh pembelajaran ekosistem melalui pendekatan Differentation Learning berbantu flipbook terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam mencerdaskan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Di era abad ke-21, keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi utama yang harus dikembangkan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pendekatan differentation learning berbantu flipbook terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem. Metode dalam penelitian ini digunakan quasi eksperiment dengan jenis desain non-equivalent control group menerapkan dua kelas VII A dan VII B dengan subjek penelitian 60 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian yang berjumlah 12 item. Hasil penelitian di kelas dengan menggunakan pendekatan differentation learning menunjukan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa sebesar 90% dengan kategori sangat baik dan respon siswa memperoleh rata-rata 81% dengan kategori sangat kuat. Data keterampilan berpikir kritis berupa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 79,23 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 73,33. Dapat disimpulkan pendekatan differentation learning berbantu flipbook berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 dan nilai effect size sebesar 0,57 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Differentation Learning;Berpikir Kritis;Discovery Learning;Ekosistem
Subjects: Christianity > Education, Research
Education > General Publications of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dede Fanisa
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:20
Last Modified: 15 Aug 2025 08:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115206

Actions (login required)

View Item View Item