Analisis kemampuan membaca lanjut siswa kelas IV MI Idzharul Huda Kabupaten Bandung Barat

Pratiwi, Salsabiila Syafa (2025) Analisis kemampuan membaca lanjut siswa kelas IV MI Idzharul Huda Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca lanjut siswa di kelas IV MI Idzharul Huda yang tidak merata, karena masih terdapat siswa yang masih belum bisa memahami isi dari sebuah bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca lanjut teks fiksi siswa kelas IV, faktor penghambat kemampuan membaca lanjut teks fiksi siswa, dan strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan kemampuan membaca lanjut teks fiksi siswa kelas IV MI Idzharul Huda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dalam penelitian ini dapat mengumpulkan dan mengolah data setelah itu dapat dideskripsikan berdasarkan hasil yang telah diperoleh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Partisipan pada penelitian ini diikuti oleh 25 orang siswa kelas IV MI Idzharul Huda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan unjuk kerja diperoleh hasil bahwa tingkat kemampuan membaca teks fiksi siswa ini terdapat kriteria, yaitu baik, cukup, dan perlu bimbingan. Terdapat rata-rata peroleh hasil tes adalah ≤ 69 yang berarti pada kategori perlu bimbingan. Kemampuan siswa dalam membaca lanjut yaitu terdiri dari satu orang siswa yang termasuk kategori baik, siswa tersebut telah memenuhi beberapa kriteria dalam indikator membaca lanjut dan siswa tersebut memperoleh nilai di antara 80-89. Terdapat delapan orang siswa yang termasuk pada kategori cukup, pada kategori ini berbagai macam kemampuan membaca siswa yang sudah ditetapkan dalam indikator dan siswa pada kategori ini memperoleh nilai antara 70-79. Terdapat enam belas siswa yang termasuk dalam kategori masih perlu bimbingan, dimana pada kategori ini siswa belum menguasai indikator kemampuan membaca lanjut sehingga siswa tidak maksimal dalam membaca lanjut. Dalam kegiatan wawancara dan observasi diperoleh faktor penghambat kemampuan membaca lanjut siswa yaitu kurangnya penguasaan kosa kata, kurangnya minat membaca siswa, kurangnya konsentrasi siswa, dan faktor lingkungan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca lanjut siswa kelas IV. Strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan dalam kemampuan membaca lanjut ini adalah dengan membaca terbimbing dan diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Membaca Lanjut; Siswa MI; Pemahaman Bacaan; Teks Fiksi
Subjects: Use of Other Information Media
Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Elementary Education
Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salsabiila Syafa Pratiwi
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:52
Last Modified: 19 Aug 2025 02:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115219

Actions (login required)

View Item View Item