Azkia, Zahira Ula (2025) Perbandingan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui model pembelajaran RADEC dengan PBL berbantuan laboratorium virtual pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (503kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran serta membandingkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik antara model pembelajaran RADEC dan PBL berbantuan laboratorium virtual PhET, OLabs, dan Amrita pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest pada dua kelas eksperimen, masing-masing berjumlah 35 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Baleendah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang diisi oleh 2 observer, dan tes keterampilan berpikir kreatif berdasarkan empat indikator Torrance. Teknik analisis data yang digunakan meliputi perhitungan rata-rata keterlaksanaan lembar observasi, uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas, perhitungan N-Gain, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran model RADEC sebesar 97% dan PBL sebesar 95% (kategori sangat baik). Nilai rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kreatif kelas RADEC sebesar 0,68 dan PBL sebesar 0,36 (keduanya kategori sedang). Uji t memperoleh signifikansi 0,00 (<0,05), sehingga terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kedua model. Dengan demikian, model RADEC berbantuan laboratorium virtual lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dibandingkan model PBL.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kreatif; laboratorium virtual; PBL; RADEC; suhu dan kalor |
Subjects: | Heat > Heat Transfer Heat > Calorimetry, Heat Capacity |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Zahira Ula Azkia |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:32 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |