Perbandingan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui model pembelajaran RADEC dengan PBL berbantuan laboratorium virtual pada materi suhu dan kalor

Azkia, Zahira Ula (2025) Perbandingan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui model pembelajaran RADEC dengan PBL berbantuan laboratorium virtual pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran serta membandingkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik antara model pembelajaran RADEC dan PBL berbantuan laboratorium virtual PhET, OLabs, dan Amrita pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest pada dua kelas eksperimen, masing-masing berjumlah 35 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Baleendah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang diisi oleh 2 observer, dan tes keterampilan berpikir kreatif berdasarkan empat indikator Torrance. Teknik analisis data yang digunakan meliputi perhitungan rata-rata keterlaksanaan lembar observasi, uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas, perhitungan N-Gain, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran model RADEC sebesar 97% dan PBL sebesar 95% (kategori sangat baik). Nilai rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kreatif kelas RADEC sebesar 0,68 dan PBL sebesar 0,36 (keduanya kategori sedang). Uji t memperoleh signifikansi 0,00 (<0,05), sehingga terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kedua model. Dengan demikian, model RADEC berbantuan laboratorium virtual lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dibandingkan model PBL.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kreatif; laboratorium virtual; PBL; RADEC; suhu dan kalor
Subjects: Heat > Heat Transfer
Heat > Calorimetry, Heat Capacity
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Zahira Ula Azkia
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:32
Last Modified: 19 Aug 2025 02:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115325

Actions (login required)

View Item View Item