Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Mondari, Mondari (2025) Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI NEW.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara peneliti dengan Kepala Sekolah SMP IT Nur Al Rahman yaitu Bapak Jarwo, S.Pd.,M.Pd. terungkap bahwa model pembelajaran menjadi salah satu permasalahan utama yang dihadapi oleh sekolah. Hal ini diperkuat dengan data dari rapor pendidikan Kurikulum Merdeka yang menunjukkan adanya kelemahan dalam aspek pembelajaran, khususnya dalam upaya implementasi strategi pembelajaran yang sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka, kondisi ini berdampak pada tingkat motivasi dan hasil belajar kognitif siswa yang rendah. Penelitian ini didasarkan pada tiga landasan teori utama, yaitu teori konstruktivisme, teori motivasi Self-Determination, dan teori diferensiasi pembelajaran. Ketiga teori ini menekankan bahwa pembelajaran akan lebih efektif ketika siswa terlibat aktif dalam membangun pengetahuan melalui pengalaman dan interaksi sosial, memiliki motivasi intrinsik yang didukung oleh kebutuhan psikologis seperti otonomi, kompetensi, dan keterhubungan, serta memperoleh pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik individual mereka. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan meliputi angket motivasi belajar dan tes hasil belajar kognitif. Analisis data dilakukan menggunakan uji Paired Sample t-Test, independent sample test dan MANOVA. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa di SMP IT Nur Al Rahman Cimahi; 2) Bagaimana pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMP IT Nur Al Rahman Cimahi; 3) Apakah pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa secara simultan di SMP IT Nur Al Rahman Cimahi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan setelah perlakuan diberikan. Dengan kata lain, siswa yang mendapatkan pembelajaran berdiferensiasi dapat menunjukkan motivasi yang secara statistik berbeda dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran berdiferensiasi dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan kata lain, pendekatan pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan keunggulan yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan pendekatan konvensional.; 3) Terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Uji statistik menghasilkan nilai signifikansi p = 0,000 untuk kedua variabel, dengan koefisien determinasi sebesar 55% untuk motivasi dan 52% untuk hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi; Motivasi belajar; Hasil belajar kognitif
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mondari Mon
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:45
Last Modified: 19 Aug 2025 06:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115372

Actions (login required)

View Item View Item