Pengaruh manajemen sarana dan prasarana pendidikan terhadap efektivitas proses pembelajaran di madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Bandung

Alihah, Mayla Mayla Nida (2025) Pengaruh manajemen sarana dan prasarana pendidikan terhadap efektivitas proses pembelajaran di madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_SkBebasPlagiarism.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Fasilitas pendidikan yang tersedia dan dikelola secara optimal seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, serta perangkat teknologi mampu meningkatkan kenyamanan belajar, mendorong partisipasi aktif siswa, dan memperkuat capaian akademik. Sebaliknya, keterbatasan fasilitas atau pengelolaan yang tidak terstruktur sering kali menjadi hambatan dalam mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana pendidikan di MTs dan MA Al-Inayah Bandung; (2) Mengetahui efektivitas proses pembelajaran di MTs dan MA Al-Inayah Bandung; dan (3) Menganalisis pengaruh manajemen sarana dan prasarana pendidikan terhadap efektivitas proses pembelajaran di MTs dan MA Al-Inayah Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data primer dikumpulkan melalui angket kepada 79 responden yang terdiri dari tenaga pendidik dan kependidikan di MTs dan MA Al Inayah Bandung. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS versi 30. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi Pearson untuk menguji hubungan antara variabel, serta analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan positif antara Manajemen Sarana dan Prasarana terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,319. Hal ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan dalam manajemen sarana dan prasarana akan diikuti oleh peningkatan efektivitas proses pembelajaran. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,398 atau 39,8% mengindikasikan bahwa variasi dalam Efektivitas Proses Pembelajaran dapat dijelaskan oleh variabel Manajemen Sarana dan Prasarana, sementara sisanya sebesar 60,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian. Hasil uji-t memperkuat temuan ini, dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan thitung sebesar 7,132 > ttabel 1,990, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Manajemen Sarana dan Prasarana terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al Inayah Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Manajemen Sarana dan Prasarana; Efektivitas Proses Pembelajaran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mayla Nida Alihah
Date Deposited: 19 Aug 2025 07:08
Last Modified: 19 Aug 2025 07:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115375

Actions (login required)

View Item View Item