Fharabi, Fazrian Awal Al (2025) Pola komunikasi interpersonal siswa Madrasah Aliyah Nurul Ummah dalam kegiatan praktek dakwah lapangan untuk membangun ukhuwah Islamiyah : Studi deskriptif Madrasah Aliyah Nurul Ummah di Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstak.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (458kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
Abstract
Fazrian Awal Al Fharabi. 2025. Pola Komunikasi Interpersonal Siswa Madrasah Aliyah Nurul Ummah Dalam Kegiatan Praktek Dakwah Lapangan Untuk Membangun Ukhuwah Islamiyah (Studi Deskriptif Madrasah Aliyah Nurul Ummah di Kabupaten Bogor). Islam sebagai agama dakwah menekankan pentingnya penyampaian pesan pesan keimanan secara komunikatif dan menyentuh aspek sosial masyarakat. Dalam konteks pendidikan, kegiatan rutin Praktek Dakwah Lapangan (PDL) yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Nurul Ummah di Kabupaten Bogor menjadi salah satu sarana pembentukan karakter dakwah siswa, khususnya melalui pola komunikasi interpersonal yang mampu membangun ukhuwah Islamiyah. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal siswa-siswi Madarasah Aliyah Nurul Ummah dalam kegiatan praktek dakwah lapangan untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah yang berfokus pada karakteristik, bentuk dan tujuan komunikasi interpersonal. Selain itu, penelitian ini menggunakan jenis paradigma kontruktivisme dan metode penelitian berupa deskriptif melalui pendekatan serta jenis data kualitatif. Adapun sumber data utama yang digunakan seluruhnya diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Sedangkan informan yang dipilih dalam penelitian ini yaitu guru pendamping/pembina pelaksana praktik dakwah lapangan Madrasah Aliyah Nurul Ummah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal yang dilakukan siswa berjalan cukup efektif meskipun masih memiliki beberapa kekurangan. Dari aspek Karakteristik, komunikasi yang ditemukan bersifat transaksional religius, melibatkan kedekatan emosional,serta unik karena tidak dapat diulang. Sedangkan bentuk komunikasi yang digunakan mencakup komunikasi diadik dan kelompok kecil yang dilakukan secara langsung dan akrab dengan masyarakat. Adapun dari aspek tujuan komunikasi interpersonal, siswa tidak hanya sebatas menyampaikan pesan dakwah, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai Islam melalui praktik sosial yang nyata mulai dari amar ma’ruf nahi munkar, ma’rifatun nafs, hingga upaya mencari keberkahan dan menghindari kemudharatan.Keseluruhan hasil pola komunikasi tersebut pada akhirnya bermuara pada penguatan ukhuwah Islamiyah (memperkuat hubungan) antara siswa dan masyarakat sebagai wujud dakwah Islamiyah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah; Ukhuwah Islamiyah; Komunikasi Interpersonal; |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | fazrian awal fharabi |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 08:23 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 08:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |